Our Blog

Anak, Keluarga, Tips, Umum

Kapan Saat Yang Tepat Kasih Camilan Untuk Anak?

LEAVE A COMMENT

Kapan Saat Yang Tepat Kasih Camilan Untuk Anak?

 

Tidak dipungkiri bahwa anak-anak suka sekali dengan makanan yang terdiri dari gula dan garam. Misalnya cokelat, es krim, camilan ringan seperti biskuit dan keripik. Kebiasan ngemil yang tidak terpantau gizinya akan berdampak pada kesehatan si kecil. Saat ini anak-anak tidak hanya membutuhkan snack time, namun anak-anak lebih menginginkan makanan yang jumlahnya tidak sedikit. Oleh karenanya, bisa saja timbul masalah kesehatan pada si kecil seperti obesitas. Snack time juga dapat menyehatkan lho bunda, untuk memberikan snack yang sehat pada balita Anda, ikuti tips di bawah ini:

Porsi: Tidak sebanyak makan pagi, makan siang, dan makan malam.

Bentuk:

•          Ringkas dan padat, mudah dibawa dan cepat dikonsumsi, karena biasanya dinikmati sembari melakukan hal lain, di jalan, atau jam istirahat yang singkat.

•          Pilih yang terbuat atau sebagian besar terdiri dari bahan-bahan whole grain, buah, atau camilan yang di dalamnya terdapat sayur.

•          Tidak digoreng. Lebih baik pilih yang dibakar atau dipanggang. Kalau pun digoreng, pilih yang bernutrisi seperti rumput laut.

•          Snack juga bisa berupa cairan seperti jus buah segar, susu, ataupun es krim.

Nutrisi: Pilih yang terdiri dari karbohidrat, protein, dan serat jika memungkinkan untuk ditambahkan, sehingga menimbulkan efek low glycaemic load. Makanan dengan glycaemic load yang rendah diserap lebih stabil, sehingga rasa kenyang dan gula darah pun lebih stabil, mengurangi risiko kantuk maupun moody sehabis makan. Terlalu banyak gula tambahan justru akan menimbulkan efek hiperaktif pada anak. Sementara, jika terlalu banyak lemak tambahan, anak akan merasa sluggish, karena proses mencerna makanan yang terlalu lama di lambung menyita banyak energi, padahal tujuan dari snacking adalah untuk menyuplai extra power di antara jam makan. Makanan yang tinggi sodium sebaiknya dihindari karena bisa menyebabkan hipertensi dan kehausan.

Waktu: 3-4 jam setelah makan besar, terutama setelah sarapan dan makan siang.

 

 

ARTIKEL LAIN...

-babylonish-

http://www.ayahbunda.co.id/

SHARE

Follow Us On:
x