Our Blog

Ibu, Kehamilan, Umum

MASALAH PENCERNAAN PADA IBU HAMIL

LEAVE A COMMENT

MASALAH PENCERNAAN PADA IBU HAMIL

 

Normalkah bila ibu hamil mengalami masalah pencernaan dan kentutnya berbau tidak sedap secara berlebihan?

Ibu hamil seringkali mengalami masalah pada pencernaannya. Masalah ini normal bagi ibu hamil seiring menurunnya efisiensi sistem pencernaan. Dan lagi-lagi perubahan hormon yang menjadi akar masalah. Sekitar 85 persen ibu hamil mengalami ketidaknyamanan berupa morning sickness atau mual dan muntah, serta kembung pada awal kehamilan. Jika dibiarkan tanpa penanganan, kondisi yang secara bertahap menjadi refluks asam lambung ini pada nantinya dapat menjadi gangguan pencernaan.

Untuk meringankan konstipasi atau sembelit, pastikan Bunda meminum air putih yang banyak, mengonsumsi makanan kaya serat, sayuran dan buah-buahan. Ibu hamil juga dapat menggunakan obat pelunak tinja sesuai anjuran dokter bila memang diperlukan.

Sementara untuk mengurangi nyeri ulu hati, makanlah secara sering dengan porsi kecil, hindari makanan pedas dan asam, serta berbaring dengan menyangga punggung menggunakan bantal tambahan. Namun, bila gangguan pencernaan yang dialami terus berlanjut, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

 

 

ARTIKEL LAIN...

-babylonish-

Dari berbagai sumber

SHARE

Follow Us On:
x