Our Blog

Anak, Keluarga, Umum

BERBAGAI TIPS MERAYAKAN TAHUN BARU BERSAMA ANAK

LEAVE A COMMENT

BERBAGAI TIPS MERAYAKAN TAHUN BARU BERSAMA ANAK

 

 

Tahun Baru menjadi momen yang selalu dinanti-nantikan seluruh masyarakat. Kemeriahan tahun baru bahkan menjadi kenangan tersendiri bagi setiap orang, tidak terkecuali anak-anak. Namun, di benak anak-anak, makna tahun baru bisa salah jika tidak dijelaskan sejak dini.

Perayaan tahun baru memang identik dengan pesta kembang api, terompet, makan-makan, hingga liburan. Banyak orang bersukacita ingin menyambut pergantian tahun dengan berbagai cara. Namun, aneka perayaan tahun baru tersebut bisa jadi membentuk pemahaman yang salah dalam benak anak-anak, yakni tahun baru ya senang-senang, hura-hura, saatnya menyalakan kembang api sepuas-puasnya.

Jika tidak dijelaskan, anak-anak bisa memiliki pemahaman seperti itu lho Bu. Karena apa yang mereka lihat di malam pergantian tahun baru biasanya demikian. Oleh karena itu, ada baiknya orangtua memberikan pemahaman kepada anak-anak, bahwa tahun baru tak semestinya dimaknai dengan hura-hura dan pesta-pesta. Namun tahun baru menjadi kebahagiaan menyambut sebuah awal tahun di mana untaian harapan dan doa dipanjatkan kepada Sang Pencipta. Terompet, kembang api, dan berbagai kemeriahan lainnya hanyalah sebuah ekspresi kebahagiaan khalayak yang tidak seharusnya dilakukan secara berlebihan.

Di malam tahun baru nanti, Anda bersama anak-anak bisa merayakannya secara sederhana tanpa harus bermacet-macetan dan berdesak-desakan ke kota untuk melihat pesta kembang api, konser band, dan sebagainya. Cukup menikmati malam pergantian tahun di rumah bersama anak-anak. Tentunya, sebagai orangtua, Anda harus pintar-pintar mencari aktivitas bersama anak supaya mereka tak lekas bosan. Maklum saja, anak-anak biasanya cepat bosan dengan sesuatu. Ada banyak ide kegiatan untuk dilakukan bersama anak dalam menyambut malam pergantian tahun nanti. Beberapa ide berikut ini bisa Anda jadikan referensi.

    Bercerita kepada anak mengenai tahun baru di berbagai negara

    Di malam pergantian tahun, untuk mengisi waktu Ibu bisa bercerita kepada anak-anak tentang perayaan tahun baru di banyak negara. Ceritakan pula perayaan tahun baru di masa kecil Ibu yang tentu sudah jauh berbeda dengan masa kini. Pasti anak-anak akan tertarik dan muncul pertanyaan darinya. Hal ini sangat bagus untuk merangsang keingintahuannya. Terlebih, Anda bisa menjelaskan bahwa setiap negara memiliki cara perayaannya yang unik dengan waktu perayaan yang tidak sama persis dengan di Indonesia karena terdapat selisih waktu pada setiap negara.

    Mengajak anak-anak untuk membakar jagung, roti, ayam, atau ikan dan menyantap bersama-sama

    Menikmati kebersamaan keluarga dengan membakar jagung atau roti untuk dijadikan kudapan menunggu waktu pergantian tahun dan membakar ayam atau ikan sebagai teman makan bersama tentu sangat nikmat. Anak-anak pasti sangat menikmati kesibukan bakar membakar aneka bahan makanan ini. Bagi mereka, pengalaman malam tahun baru yang diisi dengan membakar jagung atau ayam akan menjadi pengalaman yang sulit untuk dilupakan. Mereka pun sedari kecil jadi tahu cara pengolahan makanan dengan cara dibakar ini, berikut alat, dan bumbu-bumbunya. Biarkan mereka terlibat dalam melumuri bumbu jagung, memilih selai pengisi roti, mengipasi panggangan ayam, hingga menghidangkannya.

    Bercerita apa saja yang sudah dilakukan di tahun lalu dan harapan yang belum tercapai

    Sambil menikmati kudapan sebagai teman kebersamaan di malam tahun baru, coba ajak buah hati bercerita hal-hal yang telah dilakukan di tahun lalu. Anda juga bisa bertanya, keinginan apa yang belum terlaksana, dan apa penyebabnya. Dengan begitu, anak-anak pun bisa melakukan instrospeksi diri dan mengetahui kekurangan dalam dirinya. Selanjutnya, melakukan perbaikan di tahun depan supaya menjadi tahun yang lebih baik bagi mereka dan dapat mewujudkan berbagai harapannya.

    Berkreasi dengan membuat terompet sendiri dan membunyikannya saat malam pergantian tahun tiba

    Anak-anak terkadang cepat bosan jika tidak diajak beraktivitas dengan kegiatan yang menarik perhatiannya. Apalagi, tak semua anak kuat menahan kantuk untuk menyaksikan detik-detik pergantian tahun. Memang, Ibu tak perlu memaksakan anak-anak menunggu detik-detik pergantian tahun tersebut. Namun, jika mereka ingin menikmati kebersamaan bersama keluarga dan tidur sedikit terlambat di malam tahun baru, ada kegiatan yang bisa Anda kenalkan kepada anak-anak, yakni membuat terompet. Beberapa peralatan yang dibutuhkan yakni, gunting, botol bekas, gelang karet, plastik lembaran, cutter, dan perekat atau lakban. Kegiatan ini sangat mengasyikkan untuk anak-anak dan bisa meningkatkan kreativitas mereka. Tentu mereka akan bangga meniup terompet hasil kreasinya di malam tahun baru.

    Mengajak anak untuk bersyukur dan  berdoa

    Momen malam tahun baru menjadi momen yang tepat untuk mengajari anak bersyukur. Di tahun lalu, Anda sekeluarga telah diberi kesehatan dan rezeki sehingga bisa bertemu kembali dengan tahun yang baru. Anak-anak harus diajari cara bersyukur. Tanyakan kepada mereka, “Dek tahun lalu, Adek sudah diberi kesehatan oleh Allah, diberi rezeki sepeda, dan juga naik kelas. Jadi Adik harus berterimakasih dan bersyukur kepada Allah ya.” Selanjutnya, ajari anak-anak untuk berdoa, supaya di tahun mendatang bisa lebih baik daripada tahun sebelumnya serta selalu diberi kesehatan dan perlindungan-Nya.

Selamat menyambut tahun baru bersama anak-anak ya Bu.

 

 

ARTIKEL LAIN...

-babylonish-

www.ibudanmama.com

SHARE

Follow Us On:
x