Our Blog

Kehamilan, Tips, Umum

TIPS MENGGUNAKAN PACIFIER/EMPENG PADA BAYI & TIPS MENGHENTIKANNYA

LEAVE A COMMENT

TIPS MENGGUNAKAN PACIFIER/EMPENG PADA BAYI & TIPS MENGHENTIKANNYA

 

 

Tips Menggunakan Dot atau Empeng Bayi

 

Memberi makanan/ Minum pada bayi lebih dianjurkan menggunakan sendok daripada menggunakan dot

   

Jika harus menggunakan dot, pilihlah dot yang memiliki diameter leher dot yang besar. Empeng bisa mengakibatkan keterlambatan bicara karena otot mulut yang kurang terlatih

 

Intinya adalah sangat dianjurkan untuk menggunakan disendokkan daripada menggunakan dot. Tapi jika terpaksa harus menggunakan dot pilihlah model dot yang leher diameternya lebar,  hal ini agar tidak ada udara yang masuk ketika si bayi meminum susu dari dot atau kalau istilah kitanya adalah agar tidak kembung.

 

Sedangkan untuk penggunaan empeng memang ada usia usianya, jadi harus diperhatikan. Tapi memang tetap sebaiknya di usia 1 tahun sudah mulai untuk dikurangi sehingga di umur 2 tahun sudah berhenti nge dot. Karena isu yang terbaru menunjukkan bahwa salah satu keterlambatan anak tidak bisa bicara adalah karena oto mulut yang tidak terlatih akibat dari penggunaan dot jangka panjang.

 

Bagaimana Cara Agar Anak Berhenti Ngempeng ?

 

Pemberian empeng pada usia di bawah 2 tahun kita masih bisa toleran untuk memberikan dot atau empeng. Namun sebaiknya sudah mulai dikurangi pemberiannya. Setelah usia 1 tahun, lepaskan empeng pelan pelan dan berri pengertian pada anak. Contohnya adalah berikan empeng hanya pada malam hari saja, sedangkan pada siang hari tidak diberikan. Tentunya dengan diberi pengarahan dan pengertian pada bayi kita secara halus dan bertahap.

 

"Berikan aktifitas lain untuk mengalihkan anak dari kebiasaan ngempeng."

 

Bayi yang mempunyai kebiasaan ngempeng jari jempol, atau menghisap jari jempol diperbolehkan hingga anak berusia 5 tahun, hanya jari jempol saja. Artinya kalau selama dimasukin jempol ke dalam mulutnya maka dikawatirkan akan rentan terhadap penularan penyakit seperti diare, batuk, dll. Karena anak pada usia 5 tahun ini sudah memegang banyak hal yang bisa saja mengandung banyak kotoran dan bibit penyakit.

 

 

ARTIKEL LAIN...

-babylonish-

https://drozindonesiatranstv.blogspot.co.idl

 

 

 

SHARE

Follow Us On:
x