Our Blog

Anak, Keluarga, Kesehatan, Umum

Info Tentang Sunat Untuk Anak

LEAVE A COMMENT

Info Tentang Sunat Untuk Anak

 

Mendengar kata sunat, terkadang anak sudah ketakutan. Pada zaman dahulu, anak laki-laki disunat ketika sudah mulai beranjak remaja, katakanlah beranjak SMP atau bahkan sudah kelas 2 SMP.

Lain dulu lain sekarang. Kini, anak laki-laki sedari kecil masih duduk di kelas rendah sekolah dasar (SD) pun sudah minta disunat karena kebanyakan teman-temannya sudah disunat. Sunat memang menjadi hal yang wajib bagi kaum laki-laki, baik dari sisi agama juga dari sisi medis untuk menghindari berbagai bahaya penyakit kelamin.

Dalam dunia medis, sunat pada anak dilakukan dengan mengiris kulit di bagian punggung penis (dorsumsisi), mengiris kulit kulup yang mengelilingi penis (sirkumsisi), kemudian menjahit luka irisan supaya cepat sembuh dan tidak terjadi infeksi. Lalu, sebenarnya usia berapa sih anak Anda paling tepat untuk disunat?

Berdasarkan sebuah penelitian di Amerika, sunat untuk anak paling tepat dilakukan setelah 40 hari. Pada usia ini, darah yang keluar tidak terlalu banyak. Sebaliknya, usia anak di bawah usia 40 hari masih sangat rentan untuk disunat. Dalam masyarakat, banyak juga yang melakukan sunat setelah sang anak tidak bisa dibilang balita lagi. Masih terlalu kecil, kasihan, dan tidak tega kerap kali menjadi alasannya.

Tips Mempersiapkan Sunat Untuk Anak

Sebenarnya, dengan perkembangan teknologi kedokteran saat ini, ada berbagai metode sunat untuk anak yang mengakomodasi untuk memperkecil kemungkinan sakit dan lama kesembuhannya. Metode sunat ini bermacam-macam. Tentunya, dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Saat ini, metode laser banyak dilirik masyarakat karena dianggap paling canggih, cepat pelaksanaannya, dan cepat sembuhnya.

Berikut ini tips bagi Anda yang akan menyiapkan sunat untuk anak:
1. Pertimbangkan usianya.
2. Pilih waktu yang tepat, misalnya saat liburan sekolah, sehingga anak tidak banyak pikiran.
3. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai dokter dan metode yang bagus di daerah Anda untuk melakukan sunat pada Anak.

Apakah Anda sudah mempersiapkan waktu yang tepat untuk sunat anak Anda? Jika anak meminta sunat dengan kemauannya sendiri, tentu Anda tak perlu repot-repot merayunya, tinggal mengurus dokter dan menyesuaikan dengan waktu senggang anak dan keluarga.

 

 

ARTIKEL LAIN...

-babylonish-

http://artikelkesehatananak.com

 

SHARE

Follow Us On:
x