Our Blog

Anak, Keluarga, Kesehatan, Umum

Bahaya dan Dampak Penggunaan Dot Pada Bayi

LEAVE A COMMENT

Bahaya dan Dampak Penggunaan Dot Pada Bayi

 

 

Sebagian besar orang tua memberikan minuman pada bayi atau balitanya itu dengan botol menggunakan dot atau empeng. Kadang untuk menghindari anak anda supaya tidak menangis atau rewel biasanya orang tua suka memberikan empeng atau dot agar tidak bawel dan menangis.

 

Nah tentunya anda penasaran kebiasaan seperti ini (memberikan dot dalam jangka panjang ) apakah akan ada efek jangka panjangnya atau tidak untuk kesehatan anak anda ? Namun untuk berbicara masalah ini lebih detil saya kali ini ditemani oleh bintang tamu Arzetti Bilbina dan dr.HERBOWO SOETOMENGGOLO, Sp.A (spesialis anak)

 

Dot Penyebab Bayi Bingung Puting, tips membeli dot atau empeng

 

Penggunaan empeng atau dot pada bayi merupakan solusi yang sangat ampuh untuk meredakan bayi yang sedang menangis atau rewel. Selain itu, dot juga digunakan sebagai sarana untuk memberikan asi perah pada bayi. dengan menggunakan dot ibu menjadi lebih mudah memberikan asi perah dan tidak perlu khawatir akan tumpah dan tercecer.

 

Tanpa disadari penggunaan dot atau empeng pada bayi  justru dapat memberikan dampak buruk jangka panjang terhadap bayi.  Dampak seperti apakah yang dapat terjadi ?

 

Bicara mengenai masalah empeng atau kompeng, cukup banyak literatur di luar negeri juga melihat hal ini sebagai pro dan kontra. Nah sejauh mana pro dan kontra dampak penggunaan dot atau empeng dalam jangka panjang? Bersama ditemani dr. Herbowo sebagai pakar ahli dokter spesialis anak akan menjelaskan buat dr. oz Indonesia.

 

Sebenarnya penggunaan dot atau empeng itu sendiri sampai saat ini yang paling diributkan adalah membuat " bingung puting" sebetulnya, itu yang paling ditakuti. Tapi memang ternyata ada beberapa literatur baru walaupun memang masih kontroversi kalau pemberian dot diatas umur 6 minggu kemungkinan "bingung puting" sudah agak berkurang. Sebetulnya penggunaan dot atau empeng itu sendiri ternyata bisa mencegah kematian mendadak pada bayi kecil. Ada beberapa bayi kecil yang bisa saja sewaktu waktu mengalami kematian mendadak bisa dicegah dengan empeng, karena dengan empeng kemungkinan bayi untuk bisa bernafas lebih besar.

 

"Empeng atau dot dapat mencegah kematian mendadak pada bayi (SIDS)"

 

Dot Penyebab Bayi Bingung Puting

 

Pengertian Bingung Puting yaitu kondisi saat bayi lebih memilih minum dari botol susu daripada payudara ibu. Bagaimanapun dalam proses 6 bulan pertama seorang bayi harus minum susu ASI EKSKLUSIF, dan tentunya harus berasal dari kedua payudara ibu. Setelah beranjak usia lebih dari 6 bulan sudah boleh mulai menggunakan dot atau empeng.

 

Apa sih yang dikhawatirkan dari bahaya "bingung puting" ini ?

 

Tahukah anda, dot yang beredar saat ini bentuknya sangat variatif dan beraneka ragam. Banyak sekali yang bentuknya sama sekali tidak mirip dan menyerupai dengan puting ibu. Apalagi produk dot model jaman dulu yang botolnya kecil niplenya panjang, itu kan tidak sama sekali tidak menyerupai puting manusia. Hal ini menyebabkan anak lebih mudah menghisap dot lebih mudah daripada menghisap langsung dari puting ibu. Jadi anak akan senang sekali kalau sudah dikasih dot. Bisa disimpulkan bahwa dot bisa mengurangi keinginan anak untuk mengkonsumsi ASI.

 

Menggunakan dot atau empeng atau botol susu sampai diatas umur 2 tahun akan menyebabkan gigi anak menjadi maju (tonggos).

 

Penggunaan jangka panjang diatas 2 tahun resikonya adalah di gusi atau di anggota mulutnya. Pengunaan dot di Amerika sudah tidak dianjurkan pada bayi usia 9 bulan sampai 1 tahun. Karena pada usia ini pola pokir anak sudah mulai kalau minum tidak pakai dot dan diganti dengan botol minum yang bentuknya seperti moncong bebek, kemudian diajari juga minum dari sedotan dan semuanya dilakukan secara bertahap.

 

"Penggunaan dot pada usia lebih dari 1 tahun bisa meningkatkan terjadinya infeksi telinga"

 

Penggunaan dot atau empeng dalam jangka panjang pada dasarnya tidak aman. Salah satunya adalah kalau penggunaan diatas umur 1 tahun bisa menyebabkan  infeksi telinga. Kenapa hal ini bisa terjadi, karena tekanan negatif yang dihasilkan dari mulut selama minum susu tekanannya tinggi terus.

 

 

ARTIKEL LAIN...

-babylonish-

Dari berbagai sumber

SHARE

Follow Us On:
x