Our Blog

Anak, Ibu, Kehamilan, Keluarga

Apakah konsultasi untuk kehamilan kembar sama dengan kehamilan biasa?

LEAVE A COMMENT

Apakah konsultasi untuk kehamilan kembar sama dengan kehamilan biasa?


Untuk kehamilan kembar maka diperlukan ekstra perhatian pada kandungan sehingga untuk berkonsultasi dilakukan beberapa tahapan.

Usia kehamilan 10-12 minggu

Pada usia ini bunda dapat mengetahui kehamilan kembar, setelah mengetahui lakukan pengecekan untuk memastikan kedua janin. Perlu dilakukan dengan menggunakan ultrasound untuk mengetahui masalah genetik didalam kandungan.

Usia Kehamilan 18-20 minggu

Selanjutnya konsultasikan juga  perkembangan bayi pada usia ini. Untuk mengetahui kelainan sejak dini dan mengambil tindakan apabila diketahui mempunyai kelainan.

Usia Kehamilan 20-30 minggu

Periksakan kesehatan bayi dengan berkonsultasi dan memeriksa kandungana lebih lanjut. Terutama memeriksa kebutuhan air ketuban di dalam kandungan. Dokter akan menyarankan anda untuk mengkonsumsi supleman kehamilan apabila ditemukan adanya gangguan yang  menganggu aktivitas ibu hamil.

Usia kehamilan 30-42 minggu

Pada usia ini kehamilan sudah dipersiapkan untuk persalinan. Perlu diketahui bahwa menjelang persalinan banyak yang harus diketahui oleh dokter seperti kecukupan ketuban, posisi janin , kesehatan ibu untuk mendukung kelahiran kembar dan masih banyak lainnya .

Dengan demikian konsutasi kehamilan sangat diperlukan untuk membantu kelahiran yang diharapkan. Konsultasi kehamilan dimulai dari perencanaan kehamilan dimana janin sangat membutuhkan asupan folat. Sedangkan untuk konsultasi bagi anda yang ingin memiliki momongan tetapi belum diberi kesempatan, anda dapat mengikuti program perencanaan kehamilan.

Konsultasi dengan dokter atau bidan kehamilan dilakukan minimal tiga kali, pada pertama kali dinyatakan hamil, pada trimester kedua dan persiapan menjelang persalinan. Konsultasi tidak hanya dilakukan ketika kehamilan dinyatakan bermasalah atau ibu mengalami keluhan  akan tetapi terjadwal untuk dapat memantau pertumbuhan dan perkembangan kehamilan.

Baiklah, dengan mengetahui pentingnya konsultasi kehamilan. Bahkan untuk kehamilan yang mengalami masalah sekalipun dapat diatasi dengan berbagai cara sejak dini, apabila ditemukan adanya kelainan yang membahayakan ibu dan janin.  Jadi jadwalka kunjungan anda dengan dokter kepercayaan anda untuk menunjang kehamilan yang sehat .



ARTIKEL LAIN...

~babylonish~

Sumber :
http://bidanku.com/

SHARE

Follow Us On:
x