Our Blog

Anak, Ibu, Keluarga, Kesehatan

Manfaat Menyanyi bagi Balita

LEAVE A COMMENT

Manfaat Menyanyi bagi Balita



Ketika menginjak usia lima tahun, kemampuan mendengarkan balita akan semakin berkembang seiring dengan tumbuh kembang kognitifnya. Namun demikian, kemampuan kognitif balita hendaknya terus diberi stimulasi agar tumbuh kembangnya makin optimal sesuai dengan milestone tumbuh kembang balita. Salah satu bentuk stimulasi yang tepat adalah mengajak balita menyanyi. Menurut penelitian yang pernah dilakukan oleh Robert Back, salah satu ilmuwan pada Universitas California dan Edzard Ernt salah satu tim peneliti Universitas Exeter, mengungkapakan bahwa ternyata terdapat berbagai macam manfaat menyanyi bagi balita.

Apa Saja Manfaat Menyanyi bagi Balita?

Berikut ini akan disajikan beberapa manfaat menyanyi bagi balita sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

Senam wajah.

Gerakan menyanyi yang melibatkan seluruh otot-otot wajah akan menyebabkan wajah menjadi lebih cerah dan sehat.

Otot perut dan dada.

Pada saat balita menyanyi akan dibutuhkan suplai oksigen yang lebih besar daripada ketika balita berbicara. Suplai oksigen yang lebih besar akan menyebabkan pergerakan otot perut dan dada meningkat, sehingga otomatis melatih otot-otot perut dan dada.

Cegah cadel.

Artikulasi atau pelafalan suatu kata atau kalimat yang diucapkan balita akan lebih jelas terdengar. Sehingga dapat mengindari kemungkinan cadel pada balita. selain itu balita akan mudah mengucapkan kata-kata dengan lebih jelas dan tepat.

Cerdas.

Menyanyi juga ternyata dapat mencerdaskan balita. hal ini disebabkan menyanyi membutuhkan otak kiri untuk syair lagu dan otak kanan untuk tangga nada. Kedua sisi otak yang bekerja bersamaan akan mengaktifkan jembatan otak.

Mendengkur.

Menyanyi dengan artikulasi tepat, secara tidak langsung akan melatih otot-otot pernafasan dada pada pernafasan atas, sehingga kemungkinan mendengkur karena jalan napas yang terhambat bisa dihilangkan.

Cegah asma.

Otot-otot pernapasan dada dan perut yang terlatih, akan melapangkan jalan pernapasan, sehingga kemungkinan terjangkitnya astma daat dicegah.

Demikianlah beberapa manfaat menyanyi bagi balita. Manfaat penting lain yang didapatkan ketika menyanyi adalah kegembiraan hati. Dengan hati yang gembira, maka hormon pertumbuhan akan makin lancar terproduksi, sehingga tumbuh kembang balita akan makin optimal sesuai dengan milestone balita. Semoga bermanfaat.



ARTIKEL LAIN...

~babylonish~

Sumber:
http://artikelkesehatananak.com

SHARE

Follow Us On:
x