Our Blog

Anak, Keluarga

Cara Supaya Anak Suka Makan Buah dan Sayur

LEAVE A COMMENT

Cara Supaya Anak Suka Makan Buah dan Sayur

 

Bagi Balita, tidak jarang jika sayur dan buah menjadi makanan yang paling dibenci dan sangat tidak disukai oleh anak-anak. Padahal, di dalam sayur dan buah sendiri banyak mengandung berbagai macam vitamin maupun gizi yang dapat memberikan nutrisi yang sangat baik untuk tumbuh kembang anak.

 

Umumnya anak-anak cenderung menyukai makanan dengan rasa yang manis-manis ataupun yang gurih. Sedangkan makanan manis dan gurih terkadang memiliki kandungan yang tidak baik untuk kesehatan anak. Lalu bagaimanakah agar anak Anda suka dengan sayur dan buah? Berikut ini adalah tips dan cara agar anak Anda mau makan buah dan sayur yang bisa anda terapkan.

 

Solusi Untuk Anak Tak Suka Sayur dan Buah

 

Kasih Contoh

Supaya anak mau makan sayur, sebagai orang tua Anda juga harus suka dengan sayuran. Berikan contoh kebiasaan menyukai sayuran kepada anak-anak. Luangkan waktu diri Anda untuk makan sayuran bersama-sama. Ciptakan suasana makan sayur yang menyenangkanbagi anak agar buah hati Anda tertarik untuk ikut makan sayur dan buah juga.
    

Jangan Hukum Anak

Janganlah memaksakan buah hati Anda untuk makan sayur atau buah pilihan Anda jika ia tidak menyukainya. Sebaiknya hindari menghukum atau memarahi anak yang tidak mau makan sayur serta buah. Hal ini justru bisa membuatnya semakin membenci mengonsumsi sayur dan buah. Kasihkan sayur dan buah secara bertahap dengan sabar hingga si kecil menyukai sayur dan buah dengan sendirinya.

 

Camilan Buah Dan Sayur

Biasakan anak untuk makan camilan buah dan sayur. Taruhlah buah ataupun sayur yang siap dimakan di meja belajarnya, atau tempat-tempat yang menjadi favoritnya saat bersantai. Siapkan buah dan sayur yang paling dia suka. Mengganti snack dengan buah dan sayur bisa melatih buah hati menyukai makan buah dan sayur.
   

 Kreasikan Olahan Sayur
Dalam mengolah sayuran, Anda harus kreatif dalam menciptakan rasa sayur yang enak, lezat dan tidak kalah nikmat dari daging ataupun makanan berprotein lainnya. Kalau Anda memasak sayuran bagi buah hati Anda, usahakan mengganti menu sayuran setiap hari supaya anak tidak bosan dengan menu yang sama.


Pilih Sayur Dan Buah
Ajaklah anak-anak untuk berbelanja dan memilih sendiri sayur ataupun buah yang dia sukai. Cara ini bisa membantunya mengenal sayur dan buah lebih dekat serta menyukainya dengan sendirinya.

Itulah beberapa tips mudah agar anak terbiasa menyukai sayur dan buah. Cukup mudah bukan tips sehat diatas? Usahakan selalu memenuhi kebutuhan nutrisi anak agar tumbuh kembangnya lebih maksimal.

 

 

ARTIKEL LAIN...

-babylonish-

 

http://nutrisianaksehat.blogspot.com/

 

SHARE

Follow Us On:
x