Our Blog

Ibu, Kehamilan, Umum

10 masalah kulit yang sering terjadi pada ibu hamil

LEAVE A COMMENT

10 masalah kulit yang sering terjadi pada ibu hamil

 

Pernahkah Anda melihat ibu hamil yang mengalami perubahan pada bentuk tubuh atau kulit, Nah Adanya perubahan hormonal yang terjadi pada ibu hamil menyebabkan munculnya berbagai masalah selama kehamilan, termasuk masalah kulit. Adanya masalah kulit menyebabkan banyak ibu hamil menjadi tidak percaya diri dengan penampilan mereka. Masalah kulit apa saja yang sering terjadi pada ibu hamil? Berikut 10 masalah kulit yang sering terjadi pada ibu hamil.

 

10 masalah kulit yang sering terjadi pada ibu hamil

 

Stretch Mark
Strech Mark merupakan masalah kulit yang paling banyak terjadi pada ibu hamil. Bahkan hampir semua ibu hamil mengalami stretch mark selama kehamilan mereka. Stretch mark merupakan garis putih yang sering muncul pada perut, paha maupun bagian lain pada tubuh yang terjadi akibat peregangan kulit.

 

Pigmentasi
Masalah kulit yang sering terjadi pada ibu hamil berikutnya adalah pigmentasi. Pigmentasi terjadi akibat bertambahnya pigmen tubuh yang meningkat akibat perubahan hormonal. Pigmentasi ini menyebabkan warna kulit menjadi lebih hitam, serta daerah yang sudah hitam menjadi lebih hitam seperti puting susu, areola maupun tahi lalat.

 

Melasma
Melasma merupakan masalah kulit yang sering terjadi pada ibu hamil selanjutnya. Melasma merupakan salah satu bentuk pigmentasi, namun umunya melasma berupa bercak coklat yang muncul pada wajah selama masa kehamilan. Melasma juga sering disebut sebagai topeng kehamilan

 

Jerawat
Jerawat juga merupakan salah satu masalah kulit yang sering terjadi pada ibu hamil. Adanya perubahan hormonal selama masa kehamilanlah yang menjadi penyebab munculnya jerawat pada ibu hamil.

 

Kulit berminyak
Masalah kulit yang sering terjadi pada ibu hamil berikutnya adalah kulit berminyak. Perubahan hormonal yang terjadi dalam tubuh mendorong produksi sebum (minyak pada kulit). Peningkatan produksi sebum inilah yang menyebabkan kulit berminyak.

 

Kulit sensitif
Masalah kulit yang sering terjadi pada ibu hamil selanjutnya adalah kulit sensitif. Tingginya kadar hormon dalam tubuh menyebabkan kulit cenderung lebih tipis, lebih halus dan juga lebih sensitif.

 

Gatal-gatal
Masalah kulit yang sering terjadi pada ibu hamil berikutnya adalah gatal-gatal. Gatal-gatal yang terjadi pada ibu hamil disebabkan karena berbagai hal. Namun perubahan kulit yang menjadi lebih sensitiflah yang biasa menyebabkan gatal-gatal.

 

Linea nigra
Masalah kulit yang sering terjadi pada ibu hamil selanjutnya adalah linea nigra. Linea nigra merupakan garis gelap memanjang dari pusar sampai kemaluan. Pada beberapa ibu hamil linea nigra sangat tipis hingga cenderung tak terlihat, namun pada beberapa ibu haml yang lain linea nigra terlihat sangat jelas. Linea nigra semakin terlihat jelas mulai trimester kedua kehamilan.

 

Pipi memerah
Pipi memerah menjadi masalah kulit yang sering terjadi pada ibu hamil berikutnya. Peningkatan hormon progesteron selama kehamilan serta meningkatnya sirkulasi darah dalam tubuh menyebabkan pipi terlihat memerah.

 

Iritasi kulit
Masalah kulit yang sering terjadi pada ibu hamil yang terakhir adalah iritasi kulit. Selain disebabkan karena kulit yang sensitif, iritasi pada kulit juga terjadi karena adanya gesekan antar kulit, seperti pada kulit selangkang, ketiak, maupun pada kulit disekitar kemaluan.

 

Itulah 10 masalah kulit yang sering terjadi pada ibu hamil yang bisa Anda ketahui. Meskipun masalah kulit yang sering terjadi pada ibu hamil merupakan masalah kulit yang wajar dan tidak berbahaya, namun memiliki masalah kulit selama kehamilan pasti membuat Anda tidak percaya diri bukan?

 

ARTIKEL LAIN...

-babylonish-

 

http://www.gelombangotak.com/

SHARE

Follow Us On:
x