Our Blog

Ibu, Kehamilan, Tips, Umum

Tips Mengatasi Keputihan Pada Ibu Hamil

LEAVE A COMMENT

Tips Mengatasi Keputihan Pada Ibu Hamil

 

 

Keputihan pada ibu hamil mungkin kedengaran sangat sepele. Keputihan memang tidak menyebabkan efek kesehatan yang serius secara langsung pada penderitanya. Namun beberapa sumber medis menyebutkan bahwa keputihan merupakan gejala penyakit yang lebih serius, terutama penyakit yang berhubungan dengan organ kewanitaan. Pada wanita hamil, keputihan bisa jadi masalah kesehatan yang serius bahkan bisa menyebabkan gangguan kesehatan si calon bayi, atau paling tidak akan membawa pengaruh buruk pada proses kelahiran. Oleh karenanya, apabila anda saat ini menderita keputihan saat hamil, sangat di sarankan agar anda mencari pengobatan yang aman dan efektif. Saat ini memang telah banyak cara mengatasi dan mencegah masalah di atas, yang secara garis besar di bedakan menjadi dua : cara alami dan cara medis.

Sebenarnya, penyebab dari masalah kewanitaan ini terutama pada waktu hamil muda hampir sama dengan penyebab keputihan pada umumnya. Penyebab umum yang pertama adalah masalah kebersihan daerah kewanitaan. Apabila anda sedang hamil dan masih menggunakan celana dalam dari bahan sintetis yang ketat, ini saatnya anda mengganti celana dalam yang pas dan terbuat dari bahan yang lembut. Pakaian dalam dari bahan sintetis yang ketat akan membuat daerah kewanitaan anda sulit bernapas, sehingga akan menimbulkan keringat dan bakteri, yang kemudian menyebabkan keputihan. Selain itu, masalah kebersihan juga menjadi penyebab utama. Usahakan tidak membasuh organ kewanitaan menggunakan tissue basah, karena parfum dari tissue tersebut bisa memicu keputihan. Khusus bagi ibu hamil, stress dan perubahan mood atau suasana hati juga bisa menimbulkan terjadinya keputihan.

Keputihan dapat bersifat normal (fisiologis) dan tidak normal (patologis). Dalam keadaan normal, cairan yang keluar cenderung jernih atau sedikit kekuningan dan kental seperti lendir serta tidak disertai bau atau rasa gatal. Namun bila cairan yang keluar disertai bau, rasa gatal, nyeri saat buang air kecil atau warnanya sudah kehijauan atau bercampur darah, maka ini dapat dikategorikan tidak normal.

Tips mengatasi keputihan pada ibu hamil.

 

  • Gunakan selalu pakaian dalam dari bahan katun dan hindari  pakaian dalam dari bahan sintetis serta celana ketat.
  • Usahakan agar jangan menggunakan panty liner setiap hari.
  • Usai mandi usahakan area genital benar-benar kering. Gunakan pengering berupa handuk yang bersih dan jangan menggunakan tissue yang beraroma wangi.
  • Bersihka area genital dari depan kebelakang setiap kali selesai berkemih atau buang air besar karena dapat membantu mengurangi kontaminasi mikroorganisme dari saluran kemih dan anus.
  • Kurangi mengkonsumsi makanan manis serta yang mengandung kafein
  • Jangan gunakan Douche (ini dapat mengganggu keseimbangan PH normal dan mengakibatkan infeksi vagina)
  • Konsultasi dengan  dokter atau bidan sebelum membeli obat apapun.
  • Gunakan kompres es untuk meringankan gejala di daerah vagina.
  • Gunakan sabun tanpa parfum.

 

ARTIKEL LAIN...

-babylonish-

http://www.ibudanbalita.net/

SHARE

Follow Us On:
x