Our Blog

Anak, Keluarga, Tips, Umum

Menanyakan Keseharian Anak di Sekolah

LEAVE A COMMENT

Menanyakan Keseharian Anak di Sekolah

 

 

Sebagai orang tua, kadang kita lupa akan banyaknya kegiatan yang terjadi dalam satu hari di sekolah.  Hal ini juga dapat membuat orang tua menjadi lupa akan pentingnya memahami semua kegiatan yang dilalui si kecil di sekolah.

Sebelum mengajukan pertanyaan kepada anak, orang tua sebaiknya memahami kurikulum dan mengetahui semua kegiatan atau ekstrakurikuler yang diikuti oleh anak. Orang tua dapat meminta update mengenai kegiatan anak kepada guru di sekolah baik melalui sms, telpon maupun email.

Ajukan pertanyaan yang tidak biasa diajukan ke anak setiap harinya. Jangan hanya bertanya, “bagaimana tadi di sekolah?”. Pertanyaan ini hanya akan membuat anak menjawab singkat dan orang tua tidak akan mendapatkan informasi lebih mengenai aktifitas yang dijalani anak saat di sekolah.

Berikut beberapa pertanyaan yang dapat digunakan sebagai pertanyaan awal untuk membahas sekolah dengan anak:

Hari ini guru membacakan cerita apa di kelas?

Kegiatan yang paling menyenangkan hari ini apa?

Apa yang membuat kamu merasa bosan saat di sekolah hari ini?

Apa kamu di sekolah tadi dapat menjawab semua pertanyaan guru?

Dengan siapa kamu bermain hari ini?

Contoh pertanyaan di atas merupakan topik pembuka, selanjutnya orang tua harus mampu menanyakan hal lain dan mengembangkan pertanyaan tersebut agar anak tidak bosan.

Mengapa menanyakan kegiatan sekolah si kecil menjadi penting? Jawaban anak dapat memberi petunjuk apakah si kecil perhatian dan fokus pada sekolahnya. Disisi lain, jawaban anak dapat menyimpulkan mengenai kegiatan sosialnya terhadap guru dan teman di sekolah.

Yang perlu diingat selalu tanyakan pertanyaan yang mencakup tiga hal penting yaitu pertanyaan mengenai akademik, pertanyaan mengenai hubungan sosial dan pertanyaan terbuka seperti “kegiatan apa yang paling menyenangkan hari ini?”.

 

 

ARTIKEL LAIN...

-babylonish-

www.progoldparentingclub.co.id

SHARE

Follow Us On:
x