Our Blog

Anak, Keluarga, Kesehatan, Umum

Bunda, Perhatikan Kesehatan Anak yang Belajar Puasa

LEAVE A COMMENT

Bunda, Perhatikan Kesehatan Anak yang Belajar Puasa


Membiasakan anak untuk berpuasa sejak dini memanglah baik. Terlebih lagi jika anak akan memasuki usia remaja. Namun, terkadang sebagai orang tua kita lalai memantau kesehatan anak selama berpuasa. Kurangnya kepekaan orang tua ini bisa membahayakan kesehatan anak. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan orang tua saat buah hatinya berpuasa:

Hal#1: Dehidrasi

Saat berpuasa, mau tidak mau tubuh pasti kekurangan cairan, begitu pula pada anak yang berpuasa dan tetap aktif melakukan kegiatan. Kekurangan cairan dapat menyebabkan dehidrasi, sebagai orang tua kita harus mengenali kondisi anak yang dehidrasi.

menyarankan agar orangtua memperhatikan gejala atau tanda-tanda dehidrasi pada anak yang sedang berpuasa. Biasanya ketika mengalami dehidrasi, anak akan tampak lemas dan menjadi rewel.

Orang tua bisa mengalihkan perhatian anak jika ia mulai merengek dan meminta segera berbuka. Jika anak tampak lemas dan tak sanggup melanjutkan puasanya lagi, sebagai orangtua sebaiknya izinkan anak untuk berbuka

#2: Kondisi tubuh

Seperti halnya orang dewasa, kondisi tubuh setiap anak juga berbeda-beda. Beberapa teman sebayanya mungkin kuat berpuasa sehari penuh, tapi anak Anda tidak. Ini adalah hal yang wajar, untuk itu jangan memaksa anak untuk tetap berpuasa jika memang ia tidak kuat. Belajar berpuasa sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi tubuh anak.

Anak yang sedang sakit atau baru sembuh dari sakit, sebaiknya tidak dipaksakan untuk belajar puasa. Karena hal ini bisa mengakibatkan kondisi tubuh anak semakin memburuk dan menimbulkan penyakit lain muncul.

#3: Gizi

Untuk anak yang sedang belajar berpuasa, Anda wajib menyiapkan makanan dengan gizi seimbang untuk menu sahur dan berbuka. Siapkan makanan berprotein seperti daging, telur, dan susu, serta sayur dan buah-buahan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anak. Dengan begitu kondisi kesehatan anak tetap terjaga meskipun sedang berpuasa.



ARTIKEL LAIN...

~babylonish~

Sumber:
https://www.pasarpolis.com/

SHARE

Follow Us On:
x