Our Blog

Ibu, Kehamilan, Keluarga, Umum

4 Tips Libur Lebaran untuk Ibu Hamil

LEAVE A COMMENT

4 Tips Libur Lebaran untuk Ibu Hamil

 

 

Libur Lebaran akan segera tiba, hore! Saatnya Abi dan Ummi merencanakan tempat ingin liburan bersama keluarga tercinta, ingin berlibur ke rumah saudara atau berlibur ke tempat wisata alam. Pastinya, sebelum pergi libur Lebaran, kita harus persiapkan budget atau anggaran dana yang cukup, ya! Hal ini supaya liburan kita tambah asyik dan dapat membawa oleh-oleh yang banyak.

 

Bicara liburan tahun ini, yaitu bertepatan dengan datangnya bulan suci Ramadan, tentu Abi dan Ummi dapat memilih liburan di rumah sambil memperbanyak ibadah, bukan? Namun, banyak juga orang yang memanfaatkan libur Lebaran 2015 untuk mudik alias pulang kampung.

Jika yang libur Lebaran adalah orang-orang yang sedang berstatus normal, artinya kondisi fisiknya sedang baik, itu sudah menjadi hal yang biasa. Namun, bagaimana jika yang liburan adalah ibu hamil? Tentu ini perlu perhatian khusus. Mengingat kondisi ibu hamil sangat rentan, tentu harus ada tips khusus untuk menghadapi libur Lebaran 2015. Berikut 4 tips libur Lebaran untuk ibu hamil.

 

1. Bawa Amunisi yang Cukup

Saat bepergian, ibu hamil harus membawa kebutuhan yang cukup. (sumber: i2.mirror.co.uk)

Ibu hamil tentu punya suplemen khusus yang harus diminum setiap harinya agar terus terjaga daya tahan tubuhnya, apalagi untuk libur Lebaran jarak jauh yang membutuhkan perjalanan panjang. Ibu hamil harus sedia berbagai amunisi penunjangnya, misalnya susu khusus ibu hamil, madu ibu hamil, sari kurma, atau vitamin yang diberikan dari bidan. Hal ini karena ibu hamil memiliki asupan gizi berbeda dengan orang biasa. Amunisi makanan pun dapat menjadi tiga kali lipat dari orang biasa. Biasanya, orang makan tiga kali sehari, tetapi ibu hamil bisa makan enam kali sehari. Jadi, sebelum berangkat libur Lebaran, sediakan bekal yang banyak untuk di perjalanan agar kondisi tetap fit dan sehat sampai tujuan.

 

2. Bawa Bantal untuk Mengurangi Guncangan saat di Perjalanan

Jika kita berlibur dengan kendaraan umum, pastinya akan sangat banyak guncangan yang terjadi, entah karena jalan rusak, jalan berkerikil, dan lain-lain. Belum lagi jika di kendaraan umum, kita tidak dapat menyelonjorkan kaki sesuka hati karena tempat yang terbatas. Untuk meminimalisasi guncangan mobil, ibu hamil dapat membawa bantal untuk duduk supaya saat terjadi guncangan, tetap terasa empuk dan perut tidak sakit.

 

3. Pastikan Usia Kandungan 4 Bulan ke Atas

Jika libur Lebaran 2015 ini usia kandungan Ummi masih di bawah 4 bulan, disarankan tidak usah bepergian jarak jauh. Usia kandungan tersebut masih sangat rawan keguguran. Ibu hamil tidak boleh terlalu capek dan harus banyak istirahat. Ummi yang sedang hamil di usia muda harus merelakan liburan tahun 2015 untuk berlibur di rumah saja. Lebih baik kita mencegah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan daripada kita menyesal nantinya. Saat di jalan, kita tidak tahu tentang hal yang akan terjadi, bisa saja jalanan macet total karena penuhnya kendaraan yang ingin berlibur atau tempat wisata yang ternyata jalannya rusak parah. Ummi tidak mau kan bayi yang ada di dalam perut mengalami kelelahan? Oleh karena itu, kalahkan keinginan kita untuk libur Lebaran demi buah hati tercinta. Jika anak Ummi sudah lahir, liburan berikutnya pasti akan lebih menyenangkan.

 

4. Jangan Gunakan Panty Liner selama Perjalanan

Ibu hamil mudah sekali buang air kecil. Umumnya, orang biasa menyebutnya dengan beser. Jika Ummi sedang hamil dan ingin melakukan libur Lebaran dengan perjalanan panjang, jangan gunakan panty liner pada celana dalam karena kondisi kekuatan rahim pada ibu hamil berbeda-beda. Jika rahim tidak kuat, mungkin akan terjadi keguguran. Selain itu, panty liner membuat sirkulasi udara pada daerah kewanitaan menjadi terhambat dan akhirnya lembap. Kondisi tersebut dikhawatirkan jika dipakai dalam waktu lama, daerah kewanitaan akan gatal dan berjamur. Oleh karena itu, lebih baik sediakan celana dalam yang banyak. Jika beser terjadi, Ummi dapat ganti celana dalam yang bersih dan kering.

Begitulah tips libur Lebaran  untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat dan liburan tahun ini makin asyik. Selamat berlibur.

 

 

ARTIKEL LAIN...

-babylonish-

 

http://abiummi.com

SHARE

Follow Us On:
x