Our Blog

Ibu, Kehamilan, Keluarga, Kesehatan

Tahukah Anda bahwa berat badan yang tidak proporsional dapat mempengaruhi kesuburan?

LEAVE A COMMENT

Tahukah Anda bahwa berat badan yang tidak proporsional dapat mempengaruhi kesuburan?


Jika Anda memiiki berat badan yang tidak proposional, hal ini akan berdampak pada kesuburan dan mempengaruhi kesuburan Anda.

Selain itu, berat badan yang tidak normal juga berkaitan dengan risiko kesehatan, misalnya berat badan ibu yang di bawah normal dikaitkan dengan meningkatnya risiko memiliki bayi dengan berat badan yang rendah juga. Sementara itu, berat badan ibu yang di atas normal sebelum hamil berkaitan dengan meningkatnya risiko berbagai komplikasi ketika hamil.

Ada baiknya kamu mulai menjaga berat badan tetap ideal sebelum menjalani program hamil. Bagi kamu yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, dianjurkan untuk mengurangi berat badan secara bertahap dan konsisten, yaitu tidak lebih dari sekitar 0,5-1 kilogram per minggu. Selain itu, biasakan untuk mengonsumsi makanan sehat sedini mungkin agar kamu sudah terbiasa menjalani pola makan sehat dan seimbang ketika hamil.

Satu hal lagi, jangan lupa untuk rutin berolahraga. Diet sehat dan olahraga adalah dua persiapan yang penting sebelum masa kehamilan karena ketika hamil kamu tidak direkomendasikan untuk menjalani diet atau berolahraga sebebas sebelumnya. Perubahan gaya hidup secara bertahap dan konsisten akan menjadikan upayamu menjaga berat badan tetap ideal lebih sukses daripada pendekatan secara instan.

Mengonsumsi Suplemen Vitamin Bila Dibutuhkan

Terkadang, memenuhi pola makan seimbang dengan mengonsumsi makanan secara bervariasi agar mendapat beragam nutrisi masih sulit dilakukan. Nah, untuk mencegah kondisi malanutrisi, disarankan untuk mengonsumsi suplemen vitamin. Namun, ingatlah bahwa suplemen hanya bertugas membantu dan bukan sebagai pengganti makanan. Calon ibu bisa mengonsumsi suplemen asam folat secara harian, umumnya sebanyak 400 mikrogram (mcg). Asam folat dibutuhkan untuk melindungi calon bayi dari cacat saraf.

Selain calon ibu, calon ayah turut membutuhkan nutrisi agar spermanya tetap sehat. Kamu bisa mengingatkan si Dia untuk mengonsumsi suplemen vitamin C dan E, zinc, dan asam folat. Selain itu, pastikan dia juga menjalani pola makan sehat dan seimbang, serta rutin berolahraga.



ARTIKEL LAIN...

~babylonish~

Sumber:
http://www.alodokter.com/

SHARE

Follow Us On:
x