Our Blog

Anak, Ibu, Keluarga, Umum

Hal-hal yang Harus Dilakukan Orang Tua Untuk Mempersiapkan Puteri Anda Menghadapi Menstruasi Pertama

LEAVE A COMMENT

Hal-hal yang Harus Dilakukan Orang Tua Untuk Mempersiapkan Puteri Anda Menghadapi Menstruasi Pertamanya

 

 

Seorang ibu atau orang tua dapat melakukan beberapa hal untuk menyiapkan kedatangan manarche atau menstruasi yang pertama. Ini tentu dilakukan agar sang anak siap lahir dan batin menyambut datangnya haid pertama yang dialami oleh hampir seluruh perempuan. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut :

1. Mengamati Sejauh Mana Pengetahuan Anak

Sebagai orang tua, anda barangkali bukan merupakan orang pertama yang menceritakan perihal menstruasi pada anak. Putri anda kemungkinan besar mendengar perihal menstruasi pertama kali dari teman sekolah, teman main atau dari media. Karena itu, pastikan anda mengetahui terlebih dahulu sejauh mana pengetahuan anak mengenai menstruasi. Setelah itu, dapat membenarkan, menjelaskan lebih detail, meluruskan serta melengkapi informasi yang telah diketahui. Kalau perlu, ajak anak untuk mengunjungi dokter atau pakar kesehatan, membaca buku atau artikel tentang menstruasi atau bersama-sama menyaksikan video seputar menstruasi dan hal-hal kewanitaan lain.

2. Menceritakan Pengalaman Pribadi

Jika anda kesulitan untuk memulai obrolan, bisa memulainya dengan menceritakan pengalaman pribadi ketika mengalami haid pertama kali. Dengan begitu, percakapan akan mengalir dan anak akan lebih terbuka karena anda lebih dahulu menuturkan hal yang pernah dialami. Berilah waktu yang cukup agar anak untuk mengutarakan apa yang ia alami, apa yang ia ketahui, apa yang ia bingungkan dan apa yang ia ingin ketahui. Jangan memonopoli percakapan dan biarkan anak Anda bercerita karena hal yang demikian akan sangat bagus untuk komunikasi Anda dan putri Anda.

3. Menjelaskan Perihal Menstruasi Secara Bertahap

Setelah menyulap keadaan senyaman mungkin, anda bisa mulai menjelaskan perihal menstruasi kepada anak dengan bahasa anak-anak dan analogi-analogi yang bisa mudah mereka pahami. Anda bisa memulainya dengan menjelaskan definsi menstruasi, fungsinya, apa yang harus dilakukan, bagaimana mengetahui kapan menstruasi akan datang dan apa saja tanda-tandanya, cara memakai pembalut dan lain sebaganya.

Tentu saja, materi-materi sebanyak itu tidak bisa selesai dalam satu momen percakapan. Karena itu, jelaskan secara bertahap dari yang paling umum hingga paling detail atau berdasarkan pertanyaan yang anak Anda ajukan. Teknik yang demikian juga akan memberi waktu pada anak untuk mencerna apa yang didapatkan,  sehingga ia dapat memahami dengan lebih baik dan bahkan menyiapkan pertanyaan untuk diajukan pada momen berikutnya.

4. Memancing Respon Anak

Anda juga bisa memancing respon aktif putri anda dengan menyuruhnya mencari informasi dari berbagai media, termasuk internet, sehingga ia memiliki hal yang akan di-sharing dalam percakapan bersama. Perbincangan-perbincangan semacam ini memang lebih baik dilakukan sebelum anak mengalami menstruasi pertamanya, sehingga ketika menstruasi pertama datang, anak Anda telah siap lahir dan batin, tidak takut, tidak malu dan memiliki pengetahuan yang cukup.

Satu hal yang tak boleh lupa Anda jelaskan pada sang anak adalah mengenai makna di balik menstruasi, yakni peralihan dari anak-anak menjadi remaja, nilai-nilai kedewasaan serta nilai-nilai tanggungjawab. Dengan begitu, anak Anda tidak hanya akan mengenal menstruasi dari ciri-ciri fisiknya, akan tetapi juga mulai mengenal makna di balik kejadian biologis tersebut. Momen-momen demikian juga bisa menjadi waktu yang tepat bagi Anda untuk mengajarkan hal-hal kewanitaan lain, mulai dari merawat organ-organ kewanitaan hingga menjaga sikap dan perilaku sebagai seorang perempuan.

Setelah mengenal beberapa ciri menstruasi pertama dan bagaimana mendampingi anak untuk menyambut menstruasi pertamanya. Anda bisa langsung menerapkannya dalam kehidupan nyata dengan juga melakukan berbagai modifikasi seperlunya agar ‘tugas’ yang Anda jalankan sesuai dengan kebiasan dan tradisi dalam keluarga Anda.

 

 

ARTIKEL LAIN...

-babylonish-

http://hamil.co.id/

SHARE

Follow Us On:
x