Our Blog

Anak, Ibu, Kehamilan

Cara Membuat Anak Cerdas Setelah Dilahirkan

LEAVE A COMMENT

Cara Membuat Anak Cerdas Setelah Dilahirkan

 

Memiliki anak yang pintar merupakan dambaan bagi setiap pasangan suami istri. Dengan memiliki anak yang cerdas dan pintar, maka akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi orang tua. Namun, pernahkah para orang tua berpikir bahwa ketrampilan bayi sudah ada sejak dalam kandungan? Di tahun pertama, bayi mulai mengalami perkembangan otak, semua sel-sel otak telah dapat melakukan koneksi dengan saraf.

Para ahli menyarankan agar orang tua melakukan rangsangan terhadap otak bayi sebelum proses kelahiran, karena hal tersebut membawa dampak yang positif untuk membentuk sel-sel otaknya, sehingga nantinya sang bayi bisa memiliki kemampuan yang mencengangkan pasca dilahirkan.

Langkah untuk membuat anak pintar tidak sampai disitu saja, setelah proses kelahiran orang tua harus lebih aktif untuk melakukan hal-hal yang agar anak menjadi cerdas diantaranya :

1. Asupan Gizi

Memberikan asupan gizi yang cukup pasca bayi dilahirkan, seperti menyusui dengan ASI eksklusif  selama 6 bulan dan dilanjutkan hingga usia mencapai 2 tahun. Study menunjukkan bahwa anak-anak yang mendapatkan asi pasca dilahirkan memiliki tingkat kecerdasan yang lebih daripada anak-anak yang diberi susu formula.

Bagi ibu lakukan cara memperbanyak ASI untuk memperlancar produksi ASInya.

2. Interaksi

Melakukan interaksi sentuhan dengan bayi. Misalnya interaksi sentuhan pada saat menyusui bayi. Hal ini dapat memiliki pengaruh yang kuat pada perkembangan fisik dan intelektual anak.

3. Respon

Respon orang tua terhadap isyarat anaknya adalah salah satu pembangun sikap yang paling sehat. Seorang ibu menyusui lebih cenderung untuk merespon dengan cara yang lebih alami untuk memelihara dan kebutuhan bayinya dan menangis.

4. Komunikasi

Melakukan komunikasi dengan bayi. Bagaimana orang tua melakukan komunikasi dengan bayi memiliki efek mendalam pada perkembangan otak bayi. Hal ini bisa melatih pendengaran bayi serta melatih respon bayi.

5. Musik

Memperdengarkan musik dapat memberikan beberapa manfaat yakni cara membuat anak cerdas sejak dalam kandungan. Selain itu, musik dapat membuat bayi dan anak-anak menjadi lebih tenang dan mengatur pola neuron seluruh otak. Terutama yang berkaitan dengan penalaran kreatif dan memiliki efek menenangkan dengan merangsang pelepasan hormon endorfin.

6. Mengajak bermain

Bagi anak-anak, bermain dan belajar adalah sama. Bayi akan mulai belajar tentang dunia mereka melalui bermain dan orang tua dapat belajar tentang apa yang dipikirkan bayi dengan mengamatinya saat bermain. Dengan bermain dengan bayi, orang tua dapat memulai untuk mendapatkan ide untuk mengembangkan pikiran bayi. Namun ketahui pola tidur bayi agar waktu istirahatnya tidak terganggu.

7. Mainan Bayi

Memberikan mainan yang tepat dapat membantu merangsang perkembangan otak bayi, ia bisa belajar menemukan hubungan sebab-akibat. Pada dasarnya, mainan harus merangsang indera sebanyak mungkin, sehingga bayi yang bisa melihat, mendengar, merasakan, dan melakukan sesuatu dengan mainannya.

 

 

ARTIKEL LAIN...

-babylonish-

http://hamil.co.id/

SHARE

Follow Us On:
x