Our Blog

Anak, Keluarga, Umum

3 Ciri-Ciri Anak Mau Menstruasi Pertama

LEAVE A COMMENT

3 Ciri-Ciri Anak Mau Menstruasi Pertama

 

 

Mengetahui ciri-ciri anak menstruasi adalah bekal utama bagi orang tua, utamanya ibu untuk mendampingi seorang anak perempuan mengalami sebuah kejadian penting dalam hidup yang menandai bahwa ia telah beranjak dewasa. Karena pernah mengalami sendiri, rata-rata seorang ibu telah memiliki banyak pengetahuan mengenai menstruasi pertama atau yang biasa disebut dengan manarche. Namun demikian karena hormon masing-masing anak perempuan berbeda dan ada banyak faktor yang mempengaruhi menstruasi. Maka ada baiknya melihat beberapa ciri umum menstruasi pertama akan datang berikut ini :

1. Usia yang Matang

Umumnya, seorang anak perempuan mengalami haid pertama pada usia 12-16 tahun, meski ada juga yang mengalaminya sebelum usia 12 tahun dan setelah usia 16 tahun. Ada banyak faktor yang bermain dalam menentukan datangnya haid pertama pada usia tertentu mulai dari asupan gizi, faktor geografis, kesehatan, emosi, keseimbangan hormonal, aktivitas fisik hingga genetik. Biasanya, seorang anak perempuan akan mengalami menstruasi atau haid pertama di usia yang tidak jauh dengan usia sang ibu ketika mengalami hal serupa.

Karena itu, ibu bisa lebih waspada ketika usia sang anak telah mendekati usia dirinya ketika mengalami menstruasi pertama. Kewaspadaan yang dimaksud adalah memberi pengetahuan yang memadai dan membangun komunikasi yang baik sehingga, anak tidak sungkan untuk bercerita atau bertanya apapun kepada sang ibu tentang masalah kewanitaan.

2. Masa Puber yang Terlewati

Menstruasi pertama umumnya terjadi satu hingga 3 tahun setelah tanda pubertas untuk pertama kalinya muncul. Masa pubertas umumnya ditandai dengan perubahan bentuk fisik, ketertarikan pada lawan jenis serta keinginan untuk tampil semenarik mungkin. Secara biologis, ini terjadi ketika hormon estrogen dan progesteron mengalami peningkatan dan diawali dengan proses kimia dalam tubuh yang mengirimkan sinyal dari otak ke alat reproduksi. Akibatnya, berbagai perubahan bentuk fisik terjadi pada seorang anak perempuan seperti tumbuhnya rambut di bagian kemaluan dan ketiak, membesarnya payudara serta tumbuhnya jerawat.

3. Keputihan dan Keluhan Fisik.

Salah satu tanda akan datangnya haid pertama adalah keputihan atau cairan putih dari vagina yang tak berbau. Keputihan pertama biasanya muncul enam bulan sebelum menstruasi dan dibarengi dengan beberapa keluhan fisik semisal kram perut, perut membesar dan nyeri di bagian kepala. Dengan begitu, jika putri Anda telah mengalami keputihan, sebaiknya segera menjelaskan perihal menstruasi kepadanya agar ia mendapatkan informasi yang tepat serta dapat menyalurkan naluri keingintahuannya.

 

 

ARTIKEL LAIN...

-babylonish-

http://hamil.co.id/

SHARE

Follow Us On:
x