Our Blog

Anak, Umum

Tahukah Anda Balita Suka Icip-Icip makanan?

LEAVE A COMMENT

Tahukah Anda Balita Suka Icip-Icip makanan?


Sejak usia 1 tahun, anak mulai bisa mengonsumsi makanan yang ada di meja makan.Tentunya ini bikin si kecil lebih bersemangat mencoba jenis makanan baru. Jika makanan di meja makan saja sudah memicu rasa ingin tahunya, apalagi hidangan restoran yang disajikan secara menarik! Tak berarti semua makanan aman buat balita Anda, lho Bunda.

Anda pun harus lebih menyeleksi apa saja makanan di luar rumah yang akan disantap si kecil. Berikut strateginya :

-Jangan Langsung Diberikan

Pastikan ia makan sesuai jadwal. Jika sesi makan keluarga di resto favorit terjadi saat jam makan siang, maka balita Anda boleh ikut makan lengkap, tapi jika sore hari ia diundang pesta ulang tahun, pilihkan makanan yang tidak terlalu berat, dan mengandung nutrisi tepat, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran atau salad.

Pola makan teratur sangat penting, supaya nantinya anak terbiasa dengan jadwal makannya, sekaligus mengajarkan si kecil untuk disiplin.

-Pastikan Makanannya Aman

Mau mengajaknya jajan? Pastikan makanan yang akan dikonsumsi si kecil bersih. Perhatikan pula, makanan tersebut sebaiknya tidak pedas, tidak terlalu manis, dan berlemak. Pastikan juga makanan tersebut tidak memicu alergi anak. Sambil ajarkan si kecil, meski ia boleh mengonsumsi makanan lain selain makanan rumah, tapi tak semua bahan makanan boleh disantapnya.


-Beri Porsi Kecil

Ingat, si kecil belum tentu doyan dengan menu yang baru ia cicipi. Jadi,  berikan dalam porsi kecil atau sekadar berbagi dengan bunda dan ayahnya. Jadikan sesi makan di luar rumah sebagai selingan yang seru dan sehat bagi balita. Namun, jika si kecil terus merengek menu ala restoran, coba buatkan menu yang mirip dengan makanan favoritnya. Kreasikan nugget homemade, sandwich, pancake, dan jus dengan tampilan menarik.


-Meminta Dengan Sopan

Si kecil penasaran dengan menu orang di sekelilingnya? Ajarilah cara meminta dengan sopan. Mengambil dari sendoknya langsung tentu tidak boleh. Setelah meminta dengan sopan dan diizinkan, ajari balita mengambil sendok baru dan mengambil secukupnya.


-Ajarkan Menghabiskan Makanan

Jangan berikan porsi berlebihan, terutama jika ia menjajal makanan baru. Ingatkan kalau makanan yang ia minta adalah tanggung jawabnya, dan harus dihabiskan. Ajarkan balita untuk tidak meminta menu lain sebelum ia menghabiskan menu di hadapannya.


-Jangan Dilepeh

Saat anak melepeh makanannya, Anda perlu mengenali penyebabnya. Jangan-jangan porsi di sendok saat Anda suapi terlalu banyak. Porsi yang pas menurut Sarah Hampl, MD., dokter anak dan pakar obesitas dari Amerika, adalah sebesar kepalan tangan mereka, begitu pula dengan porsi buah dan sayur. Sedangkan porsi daging adalah sebesar telapak tangan anak per sekali makan.



ARTIKEL LAIN...

~babylonish~

Sumber:

http://www.ayahbunda.co.id

SHARE

Follow Us On:
x