Our Blog

Anak, Ibu, Keluarga, Kesehatan

Kapan Bayi Butuh Suplementasi Vitamin?

LEAVE A COMMENT

Kapan Bayi Butuh Suplementasi Vitamin?


Umumnya bayi sudah mendapatkan aneka zat yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka dari ASI atau susu formula. Hal ini terutama ketika mereka berusia 4-6 bulan pertama. Setelah usia tersebut, bayi akan mendapatkan diet makanan yang berbeda mulai dari makanan cair hingga lebih padat.

Bayi usia 4-6 bulan yang konsumsi ASI atau susu formula kurang atau 0,95 liter per hari disarankan diberi suplemen vitamin D. Saat bayi sudah diberi makanan pendamping ASI, maka dokter biasanya tidak menyarankan pemberian suplemen vitamin.

Pemberian suplemen vitamin mungkin diperlukan pada bayi yang lahir prematur, lahir dengan berat badan rendah, atau memiliki ukuran kecil saat dalam kandungan. Selain itu, bayi yang memiliki masalah kronis sehingga memengaruhi nafsu makannya juga disarankan diberi suplemen vitamin. Hanya saja, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan memberikan suplemen vitamin bagi bayi.

Memahami lebih baik fungsi vitamin dan kapan bayi membutuhkan suplemen  membuat kita lebih mengerti bagaimana caranya mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi.



ARTIKEL LAIN...

~babylonish~

Sumber:
http://www.alodokter.com/

SHARE

Follow Us On:
x