Our Blog

Anak, Ibu, Keluarga

Beda Anak, Beda Pintarnya

LEAVE A COMMENT

Beda Anak, Beda Pintarnya


Di sebuah tempat bermain, empat orang anak—Ali, Rara, Evan, dan Giselle, diajak untuk melakukan beberapa aktivitas, yakni menari, menyanyi, bermain sepak bola, dan bercerita. Ternyata, setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda. Rara pintar menyanyi, Ali mahir menari, Evan jago bermain bola, dan Giselle lihai dalam bercerita.

Setiap Anak Pintar

Howard Gardner, pakar pendidikan dari Universitas Harvard, Amerika Serikat, menyatakan, setiap anak dibekali dengan kepintaran majemuk (multipleintelegences), yakni kepintaran Bahasa (word smart), kepintaran logika matematika (number smart), kepintaran musik (music smart), kepintaran gerak tubuh (body smart), kepintaran visual-spasial (picture smart), kepintaran intrapersonal (people smart), dan kepintaran naturalis (nature smart).  

Sementara itu, Thomas Armstrong, Ph.D, Director of American Institute &Multiple Intelligence Expert, USA, berpandangan senada dengan Gardner. Armstrong mengatakan bahwa tiap-tiapanak memiliki kepintaran yang berbeda. Peran orang tuaadalahmemberikan stimulasi belajar bagi si Kecil dalam semua aspek kepintaran. Selain itu, orang tua juga perlu memotivasi anak melalui berbagai kesempatan guna mengoptimalkan kepintaran dan minatnya yang paling menonjol.

Nah Bunda, jika kita menganggap anak yang pintar adalah anak yang hanyamampu berpikir matematika atau dapat menghafal tulisan secara cepat, maka pemahaman itu perlu diluruskan. Si Kecil boleh jadi tidak terlalu pintar dengan hitung-hitungan angka, tapi di sisi lain ia cepat menguasai hal-hal yang berhubungan dengan musik atau aspek lainnya. Dengan demikian, si Kecil layak disebut sebagai anak yang pintar di bidang yang ia kuasai, dan kelak masa depannya akan tetap bersinar.

Nah, jika ingin mengetahui kepintaran yang dimiliki si buah hati, Bunda bisa mengunjungi www.progoldparentingclub.co.id/bedaanakbedapintar. Website ini dilengkapi dengan fitur yang bisa digunakan untuk mengobservasi 8 jenis kepintaran yang dimilikisi Kecil serta stimulasi yang tepat melalui tools yang telah disusun oleh Thomas Amstrong, Ph.D, Director of American Institute of Learning & Multiple Intellegence Expert, USA.

Di fitur Observasi Kepintaran, Bunda cukup mengisi kuesioner yang mengacup adahal-hal spesifik yang cenderung disukai si Kecil. Jawaban atas setiap pertanyaan akan menunjukkan tipe kepintaran yang berbeda. Setiap anak sangat mungkin memiliki keunggulan di lebih dari satu tipe kepintaran. Selain itu, Bunda juga akan memperoleh informasi mengenai kelas-kelas yang cocok untuk mengasah kepintaran yang dimiliki si Kecil.

Dengan mengetahui kepintaran si Kecil sejak dini, tentu memudahkan Bunda dalam memberikan stimulasi dan kelas yang tepat untuknya. Alhasil, apa pun kepintaran yang ia miliki, kelak si Kecil akan bersinar.



ARTIKEL LAIN...

~babylonish~

Dari berbagai sumber.

SHARE

Follow Us On:
x