Our Blog

Anak, Ibu, Kehamilan, Umum

5 NUTRISI YANG SANGAT DIBUTUHKAN IBU HAMIL

LEAVE A COMMENT

5 NUTRISI YANG SANGAT DIBUTUHKAN IBU HAMIL

 

 

Hal yang sama juga berlaku untuk wanita hamil. Ibu hamil membutuhkan lebih banyak nutrisi ketimbang biasanya. Dan kita semua tahu bahwa buah-buahan adalah salah satu makanan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut.

Kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil

1. Asam folat. Asam folat bisa dikatakan sebagai nutrisi utama bagi ibu hamil karena asam folat berguna mencegah cacat tabung saraf. Seorang wanita hamil sangat ditekankan mengkonsumsi makanan tinggi asam folat untuk memastikan bayi mereka lahir dengan sehat. Beberapa makanan yang mengandung tinggi asam folat diantaranya: Buah alpukat, bayam, brokoli, dan buah pisang.

2. Zat besi. Zat besi adalah nutrisi yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah, karenanya dengan mencukupi nutrisi ini maka dapat mencegah anemia. Bagi ibu hamil anemia bisa membahayakan janin mereka, terutama jika sudah masuk tahap kronis. Beberapa makanan yang mengandung tinggi zat besi diantaranya: Buah kurma, seafood, biji bunga matahari, beras merah, dan buah aprikot.

3. Vitamin C. Mencukupi kebutuhan vitamin C sangat diperlukan untuk meningkatkan sistem imun tubuh, terutama bagi ibu hamil. Sumber vitamin C diantarnya: Buah kiwi, buah strawberry, buah jambu, dan paprika.

4. Kalsium. Kalsium adalah nutrisi utama bagi tulang, sehingga kekurangan kalsium sering dikaitkan dengan osteoporosis. Seorang ibu hamil harus mencukupi kebutuhan mineral yang satu ini untuk pembentukan tulang bayi dalam kandungan. Sumber: susu, telur, keju, buah jeruk, kacang almond dan sawi hijau.

 

5. Protein. Menurut hasil penelitian di Harvard University ibu hamil harus mendapatkan cukup protein untuk mencegah penyakit kehamilan termasuk preeklamsia. Sleain itu, protein juga dibutuhkan untuk membuat sel darah merah bersama dengan zat besi dan asam folat. Sumber: Daging, telur, kacang-kacangan, buah delima, dan unggas.

 

 

ARTIKEL LAIN ...

-babylonish-

http://www.manfaatcaramengatasi.com

SHARE

Follow Us On:
x