Our Blog

Anak, Ibu, Keluarga

Waspadai Bahaya di sekitar bayi Anda

LEAVE A COMMENT


Waspadai Bahaya di sekitar bayi Anda


Bahaya bantalan boks bayi Anda

Bentuk, motif, dan warna bantalan di boks bayi memang menggemaskan. Di samping itu, bantalan boks bayi dianggap sebagai pengaman agar bayi tak terbentur atau terjebak di antara pagar boks. Sayangnya, penelitian AAP menunjukkan hal sebaliknya. Bantalan pagar dan guling bayi justru bisa menyebabkan kematian mendadak pada bayi (Sudden Infant Death Syndrome), karena wajah bayi yang terbenam lama di bantalan atau terjerat tali-tali bantalan pagar.

Kabar baiknya, Anda tak perlu  terlalu khawatir dengan bahaya dari pagar boks bayi. Menurut AAP, bayi tak terlalu kuat untuk mengantukkan kepala ke boks bayi hingga cedera. Jadi, tidak wajib memasang bantalan di sekitar pagar boks bayi.

Bahaya Asap Rokok buat Bayi

Bunda  pasti pernah mendengar risiko perokok pasif, kan? Menurut jurnal kesehatan, perokok pasif memiliki risiko kesehatan lebih besar daripada orang yang merokok. Rupanya, bahaya merokok pasif bukan hanya saat seseorang terpapar asap rokok secara langsung. Residu asap rokok yang tertinggal di rambut, baju dan kulit juga dapat terhirup bayi serta menyebabkan risiko kesehatan perokok pasif.

Oleh karena itu, jika Anda atau pasangan baru saja mengunjungi tempat yang penuh asap rokok, jangan langsung ke kamar bayi maupun berada di dekat ranjang bayi. Sebaiknya, cuci tangan atau mandi, serta ganti pakaian bersih sebelum mendekati bayi.



ARTIKEL LAIN...

~babylonish~

Sumber:
http://www.ayahbunda.co.id

SHARE

Follow Us On:
x