Our Blog

Ibu, Kehamilan, Keluarga

TIPS JITU CEPAT HAMIL BAGI ANDA YANG BERUSIA 30 TAHUN KE ATAS

LEAVE A COMMENT

TIPS JITU CEPAT HAMIL BAGI ANDA YANG BERUSIA 30 TAHUN KE ATAS


Jika Anda adalah wanita yang berusia 30 tahun ke atas dan sedang menjalani persiapan kehamilan, jangan biarkan kekhawatiran menghantui Anda. Kondisi-kondisi yang dapat menjadikan seorang wanita susah hamil seperti di atas dapat terjadi pada siapa pun di usia berapapun. Untuk mengurangi risiko-risiko yang mungkin terjadi, kenali cara-cara yang dapat dilakukan.

?    Periksakan kesehatan secara menyeluruh sebelum memutuskan untuk hamil, seperti tekanan darah, tes urine, dan kadar gula darah. Pemeriksaan kesehatan ibu ini juga diperlukan di sepanjang masa-masa kehamilan.

?    Wanita yang hamil di atas 35 tahun, apalagi di atas 40 tahun, perlu menjalani pemeriksaan rutin lebih sering dibandingkan wanita hamil di usia lebih muda. Disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan di rumah sakit daripada bidan di klinik.

?    Berhenti melakukan tindakan yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan bayi, seperti kebiasaan merokok (termasuk menjadi merokok pasif), mengonsumsi minuman keras, dan pola makan yang tidak sehat. Taati larangan-larangan ini demi membantu mengurangi risiko gangguan kehamilan.

?    Jika dirasa perlu, terutama jika terdapat riwayat di dalam keluarga, tidak ada salahnya menjalani tes untuk mendeteksi kelainan kromosom pada janin.

?    Delapan minggu pertama adalah masa terpenting perkembangan bayi Anda. Konsultasi secara rutin dapat memudahkan dokter untuk mendeteksi dan mengantisipasi berbagai gangguan yang mungkin muncul.

?    Konsumsi asam folat dalam kadar cukup. Jika menu harian dirasa kurang, dokter dapat meresepkan suplemen, Namun hindari mengonsumsi lebih dari 1 miligram asam folat dalam sehari tanpa memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter.

?    Jaga berat badan tetap ideal dengan cukup bergerak aktif.

?    Adopsi pola makan sehat yang kaya nutrisi, salah satunya adalah buah-buahan dan sayur-sayuran segar serta makanan berserat. Batasi atau sebisa mungkin hindari konsumsi makanan siap saji atau makanan olahan yang mengandung bahan pengawet.

?    Konsultasikan kondisi diri kepada dokter jika Anda adalah wanita berusia 30-35 tahun yang melakukan hubungan seksual tanpa proteksi tapi tidak kunjung hamil selama lebih dari setahun.

?    Segera temui dokter spesialis kehamilan jika mengalami kondisi tertentu yang bisa menjadikan diri Anda berisiko susah hamil, seperti penyakit menular seksual atauhaid yang tidak teratur.

Melalui persiapan yang baik, disertai pengetahuan dan perawatan yang tepat, ibu yang hamil di atas usia 30 tahun dapat menjalani persalinan normal untuk memiliki bayi yang sehat.



ARTIKEL LAIN...

~babylonish~

Sumber:
http://www.alodokter.com/

SHARE

Follow Us On:
x