Our Blog

Anak, Ibu

Tahapan Bayi Belajar Berjalan

LEAVE A COMMENT

Tahapan Bayi Belajar Berjalan


Berdiri adalah salah satu tahapan perkembangan motorik kasar bayi, yang biasanya berlangsung pada usia 8 – 9 bulan.

• Anak mulai belajar berjalan di atas usia 9 bulan. Namun demikian, setiap anak merupakan individu yang unik, sehingga punya 'pace' tertentu. Ada yang sudah berjalan sebelum usia 1 tahun, ada pula yang baru berjalan pada usia 15 – 18 bulan.

• Ada yang penuh percaya diri dan ingin segera berpindah dari satu tempat ke tempat lain; namun ada anak yang ingin benar-benar yakin kalau 'berdiri dan berjalan' adalah tindakan yang 'aman' dan tidak membahayakan dirinya.

• Ketika bayi sudah merasa siap untuk berdiri, Anda tidak perlu cemas, karena sebetulnya hal ini tidak berbahaya. Anak tidak akan berdiri, kalau motoriknya memang belum kuat. Yang justru berbahaya adalah babywalker-nya. Di negara maju, pemakaian babywalker sudah dilarang, karena dianggap tidak aman.

• Pemakaian babywalker terbukti meningkatkan tingkat kecelakaan jatuh pada bayi, tidak membantu mempercepat kemampuan anak untuk berjalan, serta tidak merangsang 'kerja' otot paha dan kaki dengan baik.

• Jadi sebaiknya jangan gunakan babywalker. Biarkan anak berdiri berpegangan pada tangan Anda atau benda kokoh di sekitarnya. Begitu merasa nyaman, ia akan mencoba berpindah tempat alias merambat.

ARTIKEL LAIN...

~babylonish~

Sumber :

http://www.parenting.co.id

SHARE

Follow Us On:
x