Our Blog

Keluarga, Kesehatan, Umum

PASTIKAN BOTOL BAYI ANDA BEBAS BPA

LEAVE A COMMENT

PASTIKAN BOTOL BAYI ANDA BEBAS BPA

 

 

Jika kita melihat botol susu, botol air, mangkok, piring, dll yang terbuat dari plastik, seringkali kita melihat tulisan BPA-free pada kemasannya. Hari ini kita akan membahas seluk beluk produk berbahan plastik kaitannya dengan BPA.

Apakah itu BPA?

BPA adalah singkatan dari bisphenol A. BPA adalah bahan kimia industri yang telah digunakan untuk membuat bahan plastik dan resin sejak tahun 1960-an.

BPA dapat ditemukan pada plastik polikarbonat dan resin epoksi. Plastik polikarbonat seringkali digunakan pada wadah untuk menyimpan makanan dan minuman, seperti botol air. Selain itu juga digunakan untuk kemasan-kemasan lainnya.

Resin epoksi digunakan untuk melapisi bagian dalam dari produk dengan logam, seperti kalenga makanan, tutup botol, dan saluran air. Beberapa produk tambapan gigi dan komposit juga mengandung BPA.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa BPA dapat masuk ke dalam makanan dan minuman dari wadah yang dibuat mengandung BPA. Paparan terharap BPA menjadi masalah karena dapat mempengaruhi kesehatan otak, perlaku, dan kelenjar prostat janin, balita, dan anak-anak.

Namun, Food and Drug Administration (FDA) mengatakan bahwa BPA aman pada jumlah yang sangat sedikit pada beberapa makanan. Hasil penelitian ini diungkapkan berdasarkan penelitian yang beratus-ratus jumlahnya. FDA terus-menerus mempelajari BPA, terutama dengan mendukung  penelitian-penelitian tentan BPA.

Berikut ini beberapa langkah untuk menurunkan paparan BPA:

  • Carilah produk dengan label  "BPA-free" (bebas BPA)

Pada saat ini di pasaran semakin banyak beredar produk-produk tanpa BPA. Carilah produk dengan label "BPA-free". Jika produk tersebut tidak diberi label. Plastik dengan kode dur ulang 3 atau 7 dapat terbuat dari BPA (namun tidak semua).

  • Kurangi konsumsi makanan kaleng

Kurangi konsumsi Anda terhadap makanan kaleng karena hampir semua kaleng dipalisi dengan resin yang mengandung BPA.

  • Hindarilah panas

Peneliti kesehatan lingkungan menganjurkan untuk tudak memasukan plastik polikarbonat ke dalam microwave atau mesin pencuci piring. Karena plastik dapat terurai seiring dengan waktu dan menyebabkan BPA bocor ke makanan.

  • Gunakan bahan alternatif

Gunakan wadah kaca, porselen, atau besi stainless untuk makanan panas dan cairan lainnya daripada menggunakan wadah plastik.

 

Apakah produk yang sudah bebas BPA sudah pasti aman?

Akhir-akhir ini marak dikenal di antara masyarakat bahwa produk plastik yang aman digunakan adalah yang bebas BPA. Bahkan para produsen wadah plastik pun berlomba-lomba mencantumkan label "BPA-free" yang besar-besar pada kemasan wadah. Oleh karena itu para oran tua, produsen, dan masyarakat semua fokus terpusat pada BPA dan melewatkan hal penting lainnya.

Banyak produk plastik (termasuk plastik yang bebas BPA), mengandung bahan kimia pembuat plastik lainnya yang dimasukan untuk membuat wadah lebih lentur. Sayangnya, bahan pembuat plastik tersebut juga merupakan bahan yang menyerupai BPA, artinya bahan tersebut juga dapat menimbulkan masalah kesehatan sama seperti BPA. Bahkan bahan pembuat plastik selain BPA ini bisa saja lebih berbahaya bagi anak-anak kita daripada BPA.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika Anda beralih pada produk-produk alternatif yang tidak mengandung plastik.

 

 

ARTIKEL LAIN...

- babylonish-

Dari berbagai sumber

SHARE

Follow Us On:
x