Our Blog

Anak, Ibu, Kehamilan, Kesehatan, Umum

Makanan Ibu Menyusui Agar Bayi Cerdas

LEAVE A COMMENT

Makanan Ibu Menyusui Agar Bayi Cerdas


Apa yang dikonsumsi oleh ibu tentu saja akan berdampak bagi bayi, karena bayi masih sangat bergantung pada ASI yang berasal dari sang ibu. Oleh karena itu menyusui merupakan salah satu momen yang sangat berharga bagi bayi. Banyak sekali manfaat ASI yang bisa diperoleh oleh bayi. Nah, bagi Anda yang ingin buah hati Anda tumbuh besar dengan sehat dan cerdas, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda konsumsi.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa sayuran adalah salah satu sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Nah, nutrisi seperti itulah yang sangat dibutuhkan oleh buah hati Anda untuk bisa tumbuh dengan sehat dan cerdas. Sebagai ibu menyusui, salah satu zat yang sangat Anda butuhkan adalah asam folat. Di mana asam folat adalah zat yang sangat bermanfaat untuk perkembangan otak bayi. Nah, untuk mendapatkan asupan nutrisi yang cukup termasuk asam folat, konsumsilah brokoli dan sayuran berdaun hijau lainnya selama masa menyusui.

Mengonsumsi makanan laut juga cukup penting bagi ibu menyusui. Banyak sekali zat-zat pada makanan laut yang bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak. Nah, untuk ikan yang paling baik utnuk mencerdaskan otak bayi adalah ikan salmon. Di mana salmon mengandung zat DHA yang sangat berperan penting dalam perkembangan sistem saraf otak pada buah hati Anda. Akan tetapi saat mengolah seafood, Anda juga harus teliti terutama dari segi tingkat kematangannya. Usahakan masak seafood sampai benar-benar matang.

Selain itu biasanya ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi susu. Salah satu jenis makanan ibu menyusui agar bayi cerdas yang sangat baik apabila dikonsumsi oleh wanita yang sedang menyusui. Mengonsumsi susu saat Anda sedang menyusui ternyata cukup membantu untuk meningkatkan perkembangan kecerdasan otak bayi Anda. Nah, kalau sudah demikian, adakah makanan untuk ibu menyusui yang tidak boleh dikonsumsi?


Pantangan Makanan untuk Ibu Menyusui

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah, ada, karena faktanya memang ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui. Demi perkembangan bayi Anda, seharusnya sebagai seorang ibu Anda rela melakukan apapun termasuk tidak mengonsumsi makanan-minuman yang dilarang untuk ibu menyusui. Misalnya seperti alkohol, lebih baik Anda hindari dan jauhi segala macam makanan dan minuman beralkohol. Alkohol sangat berpengaruh pada tubuh Anda sendiri, di mana hal tersebut tentunya akan memberikan dampak pada bayi Anda juga secara tidak langsung.

Makanan untuk ibu menyusui yang kurang baik lainnya adalah kol atau kubis. Alasannya adalah karena bisa mengakibatkan kembung. Namun dampaknya tidak akan terlalu berdampak pada buah hati Anda. Pantangan makanan untuk ibu menyusui yang lainnya adalah segala jenis makanan yang pedas. Sebenarnya tidak akan berdampak langsung pada si bayi. Akan tetapi jika Anda sakit karena terlalu banyak makan pedas, maka Anda tidak akan bisa menyusui bayi Anda secara maksimal.

Demikian penjelasan singkat mengenai apa saja makanan untuk ibu menyusui dan juga beberapa pantangan makanan untuk ibu menyusui. Semoga setelah ini Anda bisa terinspirasi dan memulai hidup sehat dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat. Sekian artikel kali ini dan semoga bermanfaat.



ARTIKEL LAIN...

¬babylonish¬

Sumber :

http://dedaunan.com

SHARE

Follow Us On:
x