Our Blog

Anak, Keluarga, Umum

Kenalkan Dahulu Bayi pada Sayuran ketimbang Buah

LEAVE A COMMENT

Kenalkan Dahulu Bayi pada Sayuran ketimbang Buah

 

 

PADA hakikatnya, jenis makanan bayi usia enam bulan dan tujuh bulan hampir sama, yaitu aneka bubur serelia. Akan tetapi, bayi sedikit demi sedikit diperkenalkan dengan berbagai jenis makanan baru.

Perlu diingat oleh Moms bahwa pada waktu pengenalan makanan baru, Moms harus teliti apakah ketika bayi mengonsumsi makanan baru mengalami alergi atau tidak. Jika bayi mengalami alergi, Moms harus langsung menghentikan konsumsi jenis makanan tersebut. (Baca: Bolehkah MPASI Disimpan di Lemari Es?)

Dr. dr. Rini Sekartini, SpA(K) dari Klinik Dokter Keluarga (KDK) Kayu Putih FKUI mengatakan bahwa untuk mengetahui bayi alergi pada salah satu jenis makanan atau tidak, Moms harus memerhatikan reaksi si kecil setelah selesai makan. Moms disarankan memberikan jenis makanan yang sama selama tiga hari berturut-turut jika sampai pada hari ketiga bayi tidak mengalami reaksi apapun yang berbahaya maka bayi Moms tidak mengalami alergi.

"Tapi jika pada waktu tiga hari tersebut terjadi reaksi yang membahayakan seperti muncul bintik kemerah-merahan pada kulit bayi seperti gatal-gatal, maka jenis makanan tersebut jangan lagi diberikan pada bayi. Berarti, bayi alergi pada makanan tersebut," katanya.

Selain bubur serelia, Moms juga dapat memberikan pure buah untuk si kecil seperti pure pisang, pepaya, apel, tomat, semangka, melon, dan lain-lain. Buah yang mengandung kadar alkohol tidak diperkenankan dikonsumsi oleh bayi seperti buah durian, nangka dan nanas. Moms juga harus memperkenalkan si kecil dengan beraneka rasa sayur, seperti pure bayam, wortel, kentang, brokoli, kentang, labu, dan umbi-umbian.

Tip supaya si kecil menyukai makan sayur adalah harus terlebih dahulu memperkenalkan sayur pada bayi sebelum memperkenalkan buah sebab rasa sayur lebih hambar dari rasa buah.

"Jika si kecil sudah mengenal rasa buah yang rasanya lebih manis dan enak daripada sayur, si kecil akan lebih condong memilih memakan buah sehingga bayi tidak menyukai makan sayur," ungkapnya.

Ahli gizi merekomendasikan agar sayuran diperkenalkan sebelum buah, karena buah yang rasanya manis akan membuat sayuran yang rasanya kurang manis menjadi tidak menarik untuk bayi. Untuk si 6 bulan, umpamanya, mulailah dengan sayuran yang rasanya hambar, seperti kentang, kacang hijau, labu, zucchini, baru kemudian perkenalkan buah seperti pisang, avokad, apel, pir, dan semangka.

Buah yang dapat diberikan kepada bayi pada awal pemberian MPASI adalah pisang, pepaya, pir, apel, melon, semangka, mangga, avokad, dan jeruk. Sampai usia 7 bulan sebaiknya buah, kecuali avokad, diberikan setelah dikukus sebentar atau direbus dengan sedikit air, lalu dilumatkan menjadi seperti saus dengan atau tanpa susu.

Ragam bahan makanan bagi bayi 9 bulan sudah bisa lebih bervariasi. Untuk buah, bisa nanas, kiwi, mangga, dan melon. Sayuran seperti buncis, kacang kapri, kacang panjang, serta labu juga dapat diperkenalkan. Pada usia ini, bayi juga dapat diperkenalkan dengan olahan susu, seperti keju dan yoghurt.

 

 

ARTIKEL LAIN...

-babylonish-

http://lifestyle.okezone.com

SHARE

Follow Us On:
x