Our Blog

Ibu, Kehamilan, Umum

Ingin Cepat Hamil Kenali Waktu Ovulasi

LEAVE A COMMENT

Ingin Cepat Hamil Kenali Waktu Ovulasi


Wanita yang sudah lama menikah tapi tidak kunjung hamil. Padahal setelah melakukan pemeriksaan kesehatan keduanya dalam keadaan sehat secara sistem produksi.

Anda tidak perlu cemas, masa subur dapat membantu untuk menentukan andacepat hamil. Bagi anda yang menginginkan segera hamil maka pahami waktu ovulasi apabila anda belum memahaminya, di dalam artikel ini akan membantu anda yang ingin cepat hamil untuk mengenali waktu ovulasi.

Menentukan masa subur sangat diperlukan bagi anda yang menginginkan cepat hamil. Umumnya waktu ovulasi adalah 14 hari dihitung dari hari pertama anda menstruasi hingga hari pertama menstruasi selanjunya. Selain itu ada tiga cara untuk melacak waktu ovulasi dan mempercepat kehamilan. Siklus akan menunjukan kematangan dan juga pelepasan sel telur. Bahkan dengan perhitungan siklus ini anda dapat mempersiapkan rahim untuk menerima dan mematangkan embrio.

Berikut ini adalah siklus yang dapat anda kenali agar anda cepat hamil :


1. Siklus Folikular

Siklus ini berlangsung dari hari pertama hingga ke-13. Pada periode ini lubang ovarium akan mengalami proses matang dan membuat kesempatan lebih besar untuk sel telur melewati tabung falopi. Pada tubuh  mengeluarkan hormon yaitu  perangsang folikel dan kelenjar pada bagian bawah otak yang akan menyebabkan beberapa folikel pada ovarium menjadi dominan. Pada siklus ini pertumbuhan folikel akan menghasilkan hormon estrogen yang akan merubah rahim menjadi lebih mudah dilalui oleh sperma.


2. Siklus ovulasi

Pada siklus ini fase ditandai dengan meningkatnya hormon LH yang mengakibatkan folikel luruh sehingga sel telur di lepaskan ke dalam ovarium. Pada saat siklus ini mengakibatkan tuba falopi dan fimbria membawa sel telur ke dalam tuba falopi. Bahkan pada wanita mengalami pendarahan ringan berupa flek atau cairan merah yang diakibatkan karena terjadinya ovulasi.


3. Siklus Luteal

Fase ini berlangsung setelah ovulasi yaitu hari ke 15 hingga ke 28. Pada fase ini folikel yang menduung produksi sel telur menjadi basah dan memproduksi hormon estrogen dan progesteron untuk mendorong rahim menerima embrio implantasi.

Selain itu masa ovulasi dapat anda kenali secara fisik yaitu :

1.    Mengalami perubahan cairan serviks. Pada saat ovulasi cairan di leher rahim mengalami perubahan sehingga cairan pada masa subur akan lebih banyak dan teksturnya akan lebih cair dan warna yang bening.

2.    Meningkatkan temperatur tubuh. Anda dapat mengenali dengan mengukur temperatur tubuh. Hal ini dikarenakan akan munculnya hormon progesterone di dalam tubuh pada saat masa ovulasi.

3.    Rasa tidak nyaman pada perut bagian bawah. Pada perut bagian bawah seringkali anda mengalami kondisi yang tidak nyaman. Anda merasakan nyeri yang timbul cenderung ringan. Kondisi ini akan berlangsung beberapa menit kemudian tanda positif dari masa subur.

4.    Menggunakan alat tes ovulasi. Apabila anda ingin memastikan masa kesuburan anda maka anda dapat menggunakan alat tes ovulasi.Anda dapat menggunakan di rumah sehingga memungkinkan sendiri kapan masa subur dengan tingkat akurasi yang lebih besar. Sehingga bagi anda yang memiliki siklus menstruasi yang teratur akan lebih mudah untuk menentukan masa subur.



ARTIKEL LAIN...

¬babylonish¬

Sumber :

http://bidanku.com/

SHARE

Follow Us On:
x