Our Blog

Anak, Ibu, Tips

BAGAIMANA CARA MEMILIH SUSU FORMULA?

LEAVE A COMMENT

BAGAIMANA CARA MEMILIH SUSU FORMULA?

 

 

Kita semua ketahui bahwa ASI merupakan asupan terbaik bagi bayi yang tak ada bandingannya. Namun, adakalanya susu formula terpaksa diberikan kepada bayi karena suatu indikasi medis atau indikasi lainnya. Jika memang bayi anda terpaksa menggunakan susu formula, ada baiknya mengenal dahulu susu formula yang akan diberikan. Secara umum, susu formula dibagi menjadi formula standard dan formula khusus.

 

Susu formula standar

Susu formula standar merupakan susu formula berbahan dasar susu sapi, yang dapat diberikan untuk bayi cukup bulan (bukan prematur) yang memiliki kenaikan berat badan baik, tidak memiliki riwayat alergi makanan, ataupun tidak memiliki kebutuhan khusus lainnya terhadap susu. Walaupun berbahan dasar susu sapi namun susu formula standar memiliki komposisi zat gizi makro dan mikro yang mengacu kepada ASI. Susu formula standar umumnya dibagi berdasarkan usia:

  • Susu formula awal

Merupakan susu yang dibuat dengan komposisi berusaha menyerupai / mendekati komposisi ASI. Meskipun demikian pada kenyataannya memang tidak ada yang dapat menyamai kandungan ASI. Susu formula awal biasa memiliki logo angka 1 dan diperuntukkan untuk bayi baru lahir sampai usia 6 bulan.

  • Susu formula lanjutan

Pada usia 6 bulan ke atas bayi memang mulai mengonsumsi makanan padat namun bayi masih dalam tahap belajar.Formula lanjutan memiliki kandungan gizi yang disesuaikan dengan kebutuhan di usia 6-12 bulan.

  • Susu formula tumbuh kembang

Susu ini ada yang diperuntukkan untuk anak usia 1-3 tahun dan susu untuk usia 3 tahun ke atas. Perlu diketahui bahwa konsumsi utama anak usia 1 tahun ke atas adalah makanan padat yang sudah sama dengan makanan keluarga. Penambahan 2 gelas susu dalam sehari sudah cukup untuk memenuhi kadungan gizi anak di luar makanan utama anak tersebut.

 

Susu formula khusus

Susu formula khusus merupakan formula untuk bayi/anak  dengan kebutuhan susu yang khusus. Kebutuhan khusus yang dimaksud antara lain bayi prematur, berat badan lahir rendah, alergi susu sapi, intoleransi laktosa, sindrom malabsorpsi, ataupun kebutuhan khusus lainnya, Bayi dengan masalah tersebut sering kali tidak dapat menggunakan formula standar. Untuk memilih penggunaan susu formula khusus ini anda perlu konsultasi dahulu ke dokter.  

Selain itu, di pasaran juga dapat dijumpai susu khusus lainnya, contohnya susu tinggi protein, susu untuk penderita diabetes, gagal ginjal, gagal hati, dll, Susu khusus ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan tertentu sesuai dengan indikasi medis.

Pertanyaan pertama yang akan muncul saat memilih susu formula standar adalah bagaimana cara memilih merk susu formula standar yang baik. Jangan mudah terpengaruh  pada iklan dan klaim yang ada. Pada dasarnya, meskipun ada puluhan  merk susu formula standar, kandungannya tidak berbeda jauh satu dan lainnya. Ini karena pembuatan  susu formula standar harus mengacu pada Codex Alimentarius. Codex Alimentarius merupakan acuan standar internasional mengenai komposisi yang wajib terdapat pada susu formula standar (baik zat gizi makro maupun mikro) serta zat-zat tambahan yang boleh ditambahkan, beserta jumlah kandungan minimal dan maksimalnya. Perbedaan antara merk yang satu dan lainnya umumnya hanya terletak pada rasa susu formula, zat-zat tambahan yang ditambahkan pada susu formula tersebut, harga susu formula, serta ketersediaan barang di pasaran.

 

 

Pertanyaan yang juga sering membingungkan adalah apakah anak boleh mengonsumsi susu ultra high temperature (UHT) atau susu segar ?

 

Susu UHT merupakan susu yang disterilisasi dengan suhu tinggi (135-145oC) dalam waktu singkat (kurang lebih 5 detik). Pemanasan yang sangat tinggi ini berfungsi mematikan mikroorganisme dan waktu yang singkat berfungsi agar seluruh komposisi susunya tidak rusak. Susu UHT dan susu segar memiliki kandungan nutrisi yang sebagian besar masih sama dengan kandungan aslinya misalnya susu sapi.Susu ini tidak boleh diberikan pada anak dibawah 1 tahun. Anak di atas 1 tahun dengan tumbuh kembang normal boleh mengonsumsi susu UHT atau susu segar karena fungsi ginjalnya sudah lebih sempurna. Hal ini juga sama dengan susu bubuk lainnya seperti full cream, atau susu skim yang masih memiliki kandungan yang sama dengan susu aslinya sehingga juga baru boleh dikonsumsi oleh anak di atas 1 tahun.

 

 

ARTIKEL LAIN...

-babylonish-

http://www.anaksehat.org

 

SHARE

Follow Us On:
x