Our Blog

Anak, Kesehatan, Umum

Suara nafas bayi seperti ngorok, normalkah?

LEAVE A COMMENT

Suara nafas bayi seperti ngorok, normalkah?


Saya baru saja melahirkan bayi laki-laki beberapa hari yang lalu. Saat ini saya mendapati suara nafas bayi saya agak tidak normal dan agak kencang. Suara nafas bayi seperti ngorok dan berbunyi saat tarik nafas  apakah normal atau tidak?

Suara nafas bayi yang berderit dan mendengus atau seperti ngorok saat usia bayi 1 hingga 2 minggu adalah normal dan Anda tidak perlu khawatir tentang hal itu. Jika Anda saat ini masih dalam perawatan di rumah sakit, Anda bisa meminta saran kepada Dokter atau petugas kesehatan yang ada tetapi biasanya tidak ada masalah yang serius.

Pada saat bayi Anda baru di lahirkan ia akan mempelajari dengan sendirinya cara yang benar menghirup udara sehingga terkada masih belum sempurna. Ia masih menyesuaikan lingkungan yang sangat kering di luar kandungan dan berbeda dengan lingkungan lembab di dalam kandungan Anda.

Pada saat bayi di lahirkan masih belum bersih di dalam ruangan pernafasannya seperti lendir dan kotoran yang berasal dari janin.  Sehingga pada saat bernafas bayi bisa seperti mengorok dan bahkan seperti meniup peluit agak keras karena lendir yang belum keluar sempurna.

Ketika Anda memberi ASI juga pernafasan bayi akan berbeda saat ia tidak makan atau minum apapunkarena bayi juga menyesuaikan dengan kondisi makan dan minum saat ini.

Saat lendir di dalam hidung dan pernafasan bayi Anda belum bersih maka ia akan terus menghasilkan suara seperti peluit dan mengorok yang agak keras. Berjalannya waktu, lendir akan terus bersih dan turun sehingga suara nafas bayi akan normal kembali.

Saat Anda memeriksakan bayi Anda pada usianya 6 minggu pertama, Dokter akan selalu melakukan pengecekan menggunakan stetoskop suara pernafasan pada dada dan jantung bayi Anda. Jika Anda saat ini khawatir mengenai suara yang keras saat bayi bernafas maka ini saat yang tepat untuk bertanya kepada Dokter Anda.

Ada beberapa tanda bahaya dan Anda harus cepat menghubungi Dokter jika kondisi pernafasan bayi Anda lebih dari 60 kali bernafas dalam 1 menit atau sangat banyak, mendengus terus menerus setiap akhir bernafas, batuk yang sangat keras, otot-otot dada bayi masuk dan keluar tidak seperti biasanya seperti ia mengambil nafas sangat susah, dan yang terakhir pernafasan berhenti selama 10 detik.



ARTIKEL LAIN...

~babylonish~

Sumber:

http://bayikusehat.com

SHARE

Follow Us On:
x