Our Blog

Ibu, Kehamilan, Umum

Fakta Seputar Kehamilan Ektopik

LEAVE A COMMENT

Fakta Seputar Kehamilan Ektopik

Apakah seorang dengan riwayat kehamilan ektopik bisa hamil kembali dengan normal?

Ya, tentu saja. Ada anggapan yang berkembang di masyarakat jika seorang wanita yang sebelumnya mengalami kehamilan ektopik maka ia tidak bisa mengalami kehamilan normal, bahkan ia tidak dapat hamil lagi. Dan, ternyata anggapan tersebut adalah salah.

Walaupun seorang wanita pernah mengalami kehamilan ektopik sebelumnya dan pernah menjalani prosedur pengangkatan tuba falopi atau saluran telur, ia tetap bisa hamil bahkan dengan normal asalkan satu saluran telur lainnya tetap berfungsi dengan normal. Maka ia masih memiliki kemungkinan yang sangat besar untuk hamil dan memiliki seorang anak.

Apakah kehamilan ektopik bisa kembali lagi??

Kehamilan ektopik bisa terjadi karena penyakit menular, namun jika yang dialami oleh penyakit seksual yang menular namun yang tergolong dapat disembuhkan, maka pertama-tama anda harus memastikan apakah benar-benar sudah sembuh total dari penyakit tersebut jika ingin hamil normal.

Apakah ada jangka waktu untuk hamil kembali, setelah mengalami kehamilan ektopik?

Jika telah mengalami kehamilan ektopik, akan ada jeda waktu yang diberikan atau disarankan dokter sebelum hamil kembali. Karena jeda waktu ini adalah ditujukan untuk masa pemulihan fisik dan mental anda sebelum hamil kembali. Biasanya dokter akan menyarankan waktu tiga hingga enam bulan sebagai masa pemulihan.

Pada selang waktu tersebut, pasien belum boleh hamil kembali karena resikonya akan tinggi baik itu akan mengganggu kesehatan atau bahkan bisa mengalami kehamilan ektopik kembali. Pada setiap kasus kehamilan ektopik, kemungkinan dokter akan menganjurkan masa pemulihan yang berbeda. Jadi, tidak perlu khawatir untuk tidak dapat hamil kembali.



ARTIKEL LAIN...

~babylonish~

Sumber:

http://www.alodokter.com

SHARE

Follow Us On:
x