Our Blog

Keluarga, Kesehatan, Umum

BAHAYA NGE-GYM SAAT HAID

LEAVE A COMMENT

BAHAYA NGE-GYM SAAT HAID

 

Nge gym saat haid masih dilakukan oleh wanita baik remaja maupun dewasa. Hal itu dikarenakan banyak wanita yang ingin memiliki tubuh yang bagus dan kurus tentunya. Gym adalah olahraga yang paling banyak diminati oleh wanita untuk membentuk tubuh yang bagus. Program latihan gym bisa sangat beragam, mulai dari treadmill, push up, sit up dan masih banyak lagi lainnya. Selain bisa digunakan untuk merampingkan tubuh, gym juga bisa digunakan untuk mengencangkan otot tubuh. Yang menjadi permasalahan saat ini adalah bagaimana jika wanita melakukan latihan gym saat dirinya menstruasi atau haid? Apakah boleh dilakukan saat sedang haid?

Saat haid wanita mengeluarkan sel darah kotor yang ada di dinding rahim, pelepasan sel darah kotor itulah yang membuat wanita saat haid ada yang merasakan nyeri di perutnya. Ada juga wanita yang sampai pingsan ketika haid. Lalu apa saja bahaya dan pengaruh gym bagi wanita yang sedang haid? Berikut ini adalah berbagai macam bahaya dan pengaruh nge gym saat haid bagi wanita :

1. Membuat Cepat Lelah

Salah satu hal yang membuat gym tidak efektif dilakukan ketika haid adalah karena gym tersebut akan membuat wanita mudah lelah. Hal itu dikarenakan saat menstruasi wanita akan memiliki hormon yang meningkat. Peningkatan hormon itu membuat wanita akan mudah lelah ketika berolahraga.

2. Nyeri Otot

Wanita yang sedang menstruasi tentu bingung mengapa dirinya merasakan nyeri otot di sekujur badannya sehabis nge gym, padahal dia sudah melakukan pemanasan dan tidak ada gerakan yang salah. Hal itu memang wajar terjadi ketika wanita yang terkena menstruasi mengalami nyeri otot di sekujur tubuhnya. Penyebabnya wanita yang sedang terkena menstruasi kekuatan ototnya akan menurun sebanyak 50 persen. Penurunan kekuatan otot itu dipicu oleh perubahan hormon yang ada di dalam tubuh wanita. Nyeri otot itu bisa terjadi pada punggung, lengan dan juga pada bagian kaki.

3. Tidak Bersemangat

Wanita yang sedang nge gym di saat dirinya haid, dia akan tidak bersemangat dalam menjalani hari-harinya selama menstruasi. Perubahan mood akan terjadi pada wanita yang sedang menstruasi, gym akan memperparah kondisi mood wanita tersebut. Akibatnya wanita akan tidak bersemangat dalam menjalani hari-harinya tersebut.

4. Nyeri Perut

Wanita yang sedang menstruasi dan melakukan gym bisa terkena nyeri perut hebat. Hal itu dikarenakan saat menstruasi, ada pelepasan sel darah kotor di dalam rahim. Pelepasan sel darah kotor itu bisa diperparah dengan kondisi otot perut yang dipaksa kerja berat. Saat gym, tidak jarang ada arena olahraga yang menggunakan kekuatan otot perut misalnya saja adalah angkat beban berat, push up dan lain sebagainya. Jika wanita yang sedang haid melakukan olahraga tersebut, dia bisa terkena nyeri perut yang hebat. Nyeri perut ini juga bisa menjadi tanda kehamilan yang banyak terjadi.

5. Membuat Tidak Enak Badan

Gym yang dilakukan saat haid bisa membuat tubuh wanita menjadi tidak enak badan. Hal itu bisa terjadi pada wanita yang memiliki riwayat haid disertai dengan rasa sakit. Misalnya saja dengan badan meriang, mual, muntah, lesu dan lain sebagainya. Jika wanita beranggapan dengan gym bisa menyembuhkan penyakitnya tersebut, hal itu adalah salah besar sebab gym justru bisa membuat tubuh menjadi semakin tidak enak. Jika wanita ingin nge gym, tunggulah sampai dia benar-benar sehat dan masa haidnya selesai supaya menghindari resiko badan semakin tidak enak.

6. Membuat Haid Tidak Teratur

Gym yang dilakukan saat haid justru bisa membuat siklus haid menjadi tidak teratur. Hal itu bisa berlaku bagi wanita yang sedang haid melakukan pola latihan yang salah. Oleh sebab itu, penting sekali bagi wanita yang sedang haid untuk meminta bantuan pada instruktur fitness atau gym untuk membimbingnya agar dia tidak terkena salah latihan. Haid tidak teratur juga bisa mengakibatkanhamil yang tidak terdeteksi bagi yang sudah menikah.

7. Amenorrhea

Gym tidak hanya bisa membuat siklus haid menjadi tidak teratur namun, bisa membuat wanita tidak mendapatkan haid untuk beberapa bulan, hal tersebut disebut dengan amenorrhea. Penyebabnya adalah latihan fisik yang berlebihan saat haid justru membuat level estrogen terlalu rendah. Hal itulah yang menyebabkan wanita menjadi tidak mendapatkan haid dalam beberapa bulan. Wanita yang mengalami amenorrhea ada baiknya menunda keinginannya untuk melakukan fitness, segera konsultasikan kepada dokter jika wanita mengalami hal tersebut.

8. Mudah Terkena Osteoporosis

Wanita haid dan sedang nge gym bisa menyebabkan dirinya terkena osteoporosis, sebab peningkatan hormon estrogen di dalam tubuh wanita bisa menyebabkan manfaat kalsium pada tulang belakang menjadi menurun. Penurunan kalsium itu akan diperpatrah dengan latihan fisik yang melibatkan otot punggung misalnya angkat beban dan lain sebagainya. Resiko untuk mudah terkena osteoporosis pun akan semakin terbuka lebar.

9. Susah Tidur

Salah satu resiko nge gym saat haid adalan wanita akan mengalami insomnia, insomnia adalah kondisi dimana tidur menjadi tidak berkualitas. Hal itu bisa ditandai dengan sering terbangun di tengah malam kemudian sulit untuk memejamkan mata kembali. Selain itu ada juga insomnia yang ditandai dengan sulit tidur meski sudah berada di atas kasur selama berjam-jam. Jika wanita mengalami hal tersebut, bisa jadi dia sedang kelelahan fisik akibat nge gym yang dijalaninya. Nge gym yang berlebihan bisa membuat tidur menjadi tidak berkualitas.

Tidur yang tidak berkualitas dan susah tidur dipicu dengan aktivitas fisik yang berlebihan saat nge gym, selain itu efek dari sehabis latihan gym misalnya kram otot. Nyeri otot tersebutlah yang juga akan memperparah kondisi seseorang tidak bisa tidur.

10. Perut Kram

Salah satu efek dari nge gym saat haid adalah membuat perut wanita akan terasa kram, hal itu dikarenakan saat haid pelepasan darah kotor di dinding rahim bisa menyebabkan wanita terkena kram meski tingkatannya berbeda-beda antara wanita satu dengan wanita yang lainnya. Nge gym yang menggunakan otot perut bisa memperparah kram tersebut sehingga tidak heran saat nge gym wanita tersebut akan merasakan kram perut yang hebat.

11. Terkena Dehidrasi

Wanita yang sedang haid dan melakukan gym akan rentan terkena dehidrasi. Hal itu dikarenakan perubahan hormon yang ada pada tubuh wanita saat haid merangsang keluarnya keringat lebih banyak dibandingkan saat tidak haid. Oleh sebab itu, wanita yang sedang haid akan merasakan sering haus ketika nge gym.

12. Tidak Nyaman

Salah satu hal yang bisa terjadi saat wanita yang haid melakukan gym adalah rasa tidak nyaman. Wanita yang sedang nge gym harus menahan rasa lembab yang ada di bawah sana. Rasa lembab yang ditimbulkannya tersebut berbahaya jika membuat konsentrasi wanita menjadi bekrurang. Konsentrasi yang berkurang saat nge gym bisa mengakibatkan wanita melakukan kesalahan gerakan. Kesalahan gerakan itu bisa menyebabkan wanita mengalami cidera otot, nyeri otot, nyeri sendi dan masih banyak lagi lainnya.

13. Ovulasi Tidak Terjadi

Wanita yang terlalu overdosis saat nge gym dan juga olahraga lainnya bisa menyebabkan dirinya tidak mengalami ovulasi. Ovulasi adalah hal yang penting bagi wanita. Sehabis menstruasi, wanita akan mengalami ovulasi. Namun tidak bagi wanita haid yang terlalu banyak nge gym. Dia akan tidak mengalami ovulasi ketika overdosis nge gym sehingga kesuburan pun menjadi terganggu. Ovulasi ini yang menjadi penentu terjadinya proses kehamilan pada wanita.

 

ARTIKEL LAIN...

-babylonish-

http://hamil.co.id/

 

SHARE

Follow Us On:
x