Our Blog

Kehamilan, Tips, Umum

Tips Mempersiapkan Dana Kehamilan Hingga Pasca Bersalin

LEAVE A COMMENT

Tips Mempersiapkan Dana Kehamilan Hingga Pasca Bersalin


Terkadang pasangan suami istri seringkali bersepakat untukmenunda kehamilandikarenakan belum siap secara fisik, mental dan juga finansial. Idealnya pasangan telah bersepakat dalam pengelolaan keuangan bersama sejak awal pernikahan mengenai masalah persalinan dankehamilansehingga dana yang dimaksud untuk biaya pemeriksaan hingga pasca bersalin. Dana kehamilan hingga pasca persalinan penting untuk dipersiapkan selain sulitnya memprediksi kesehatan ibu dan janin hingga harus mempersiapkan biaya tidak terduga, salah satunya adalah ketika anda akan mempersiapkan persalinan dengan alamiah tiba-tiba dikarenakan kondisi janin yang tidak mendukung persalinan alami maka harus dilakukan dengan operasi caesar dengan biaya yang tidak sedikit. Tidak saja masalah persalinan melainkan pemeriksaan lanjutanpun terkadang harus dilakukan apalagi ketika anda diperiksa mengalami masalah pada kehamilan. Dengan demikian dana yang sudah di tabung sejak awal akan membantu anda dalam pemeriksaan kesehatan.

Berikut adalah tips mempersiapkan dana kehamilan hingga pasca bersalin :


A.   Anda dapat mempersiapkan dana untuk pemeriksaan secara rutin ke dokter kandungan untuk memastikan kesehatan dan keselamatan ibu dan janin.


B.   Bagi anda yang tengah hamil pertama, persiapan pakaian hamil masuk dalam daftar dana yang akan sediakan. Berikut adalah cara membeli sendiri baju hamil :

1.    Anda dapat mempersiapkan baju yang memiliki standar di berbagai kesempatan

2.    Pilih baju dengan atasan yang bergantian sehingga mudah dipadupadankan

3.    Siapkan 1-2 pc atasan ketika akan pergi ke pesta

4.    Sebaiknya anda hanya membeli dalam ukuran yang lebih besar sehingga dapat digunakan di usia kehamilan yang lebih tua.


C.   Perlengkapan Bayi dan kamar bayi, sebelum anda memastikan daftar belanja untuk bayi anda sebaiknya anda mengetahui beberapa wawasan yang luas mengenai kebutuhan bayi sehingga terencana , hemat dan juga tidak membeli barang yang tidak diperlukan.


D.   Selanjutnya yang harus dipertimbangkan adalah dana bersalin, hal ini berhubungan dengan tempat bersalin. Anda dapat mencari informasi mengenai tempat bersalin yang sesuai dengan keinginan anda. Tempat bersalin harus memiliki fasilitas yang dibutuhkan ibu dan bayi.Anda dapat mengecek biaya bersalin apakah mendapat bantuan dari tempat kerja atau seluruhnya di tanggung perusahaan sehingga anda lebih tenang dalam mempersiapkan dana bersalin.


E.   Pasca bersalin dapat berupa keutuhan yang dipersiapkan setelah bayi anda lahir diantaranya adalah kebutuhan pakaian bayi anda. Sebaiknya disarankan tidak membeli pakaian yang terlalu banyak dikarenakan bayi cepat membesar, siapkan hingga bulan ke tiga kelahirannya saja. Akan tetapi hal ini tergantung dengan kebutuhan anak yang masing masing berbeda.


F.   Pemeriksaan ke dokter , dana selanjutnya yang harus anda siapkan adalah pemeriksaan ke dokter setelah bayi anda dilahirkan. Bayi masih rentan terhadap beberapa gangguan lingkungan sehingga memungkinkan anda untuk sering berkonsultasi dengan dokter , apalagi di musim hujan yang sering kali dialami anak anak seperti flu dan demam.


G.   Akikah, Bagi seorang muslim, akikah merupakan salah satu persiapan setelah melahirkan yang harus dianggarkan dengan persiapan matang. Umumnya orang tua melakukan akikah dan syukuran pada 40 hari kelahiran bayi anda, meskipun hal ini disesuaikan dengan dana yang dimiliki keluarga akan tetapi membutuhkan persiapan yang matang.


H.   Dengan ada anjuran pemberian asi ekslusif selama enam bulan pertama sehingga sebaiknya bayi anda sangat diperhitungkan dalam pemberian susu formula. Anda dapat menyediakan dana dalam keperluan untuk memerah ASI, apalagi bila ibu seorang wanita karir.



ARTIKEL LAIN...

~babylonish~

Sumber:

http://bidanku.com/

SHARE

Follow Us On:
x