Our Blog

Anak, Ibu, Keluarga, Kesehatan, Umum

Tanda Bayi Harus Mendapatkan Perawatan Medis

LEAVE A COMMENT

Tanda Bayi Harus Mendapatkan Perawatan Medis

 

 

Memang kalau bayi sakit tidak harus buru-buru di bawa ke pihak medis untk mendapatkan pengobatan. Namun sebagai orangtua, juga harus tetap waspada jika demam yang dialami oleh bayinya mulai tidak normal. Ibu harus segera membawa bayinya ke rumah sakit jika ibu menemui hal-hal di bawah ini :

1. Suhu Tubuh

Suhu tubuh bayi yang tinggi harus segera mendapatkan perawatan medis di rumah sakit.  Berikut ini suhu tubuh bayi yang harus segera mendapatkan perawatan medis.

  • 0-6 bulan.- Bayi yang memiliki demam dengan suhu tubuh lebih dari 38 derajat celcius harus segera mendapatkan pertolongan medis. Demam yang terlalu tinggi pada bayi usia 0-6 bulan bisa sangat berbahaya bagi perkembangan bayi.
  • Di atas 6 bulan – Bayi yang suhu tubuhnya lebih dari 39 derajat celcius harus segera mendapatkan penanganan medis.

2. Demam Tidak Kunjung Turun

Jika ibu mendapati bayinya memiliki demam yang tidak kunjung turun selama 4 hari, ibu harus segera membawa bayi tersebut ke pihak medis. Hal itu menandakan jika pada tubuh bayi tersebut mengidap suatu penyakit. Misalnya saja demam berdarah, infeksi dan lain sebagainya.

3. Mengalami Kejang

Ibu perlu waspada jika ibu mendapati bayinya mengalami demam diikuti dengan kejang. Demam dan kejang pada bayi merupakan suatu tanda jika bayi sedang mengidap penyakit yang serius. Penyakit meningitis atau radang selaput otak ditandai dengan sakit demam dan juga kejang pada bayi. Jika dibiarkan, bayi bisa megalami masalah kesehatan yang lebih serius lagi. (Baca juga : bahaya akibat bayi terjatuh)

4. Mual dan Muntah

Ibu yang mendapati bayinya mengalami demam diikuti oleh mual dan muntah bisa jadi demam tersebut bukanlah demam yang biasa. Demam tersebut bisa menjadi tanda adanya peradangan di saluran pencernaan bayi. Penyakit tyfus ditandai dengan demam dan juga mual dan muntah sebab lambung dan saluran pencernaannya meradang. Kondisi ini juga perlu diwaspadai saat bayi tidak BAB seminggu.

5. Kesadaran Menurun

Demam yang harus mendapatkan perawatan medis segera adalah bayi yang demam diikuti dengan kesadaran yang menurun atau hilang sama sekali. Hilang kesadaran juga disebabkan oleh suhu tubuh bayi yang terlalu tinggi.

 

 

ARTIKEL LAIN...

-babylonish-

http://hamil.co.id/

SHARE

Follow Us On:
x