Our Blog

Ibu, Kesehatan, Umum

BUAH SEMANGKA DAN KECANTIKAN KULIT & WAJAH

LEAVE A COMMENT

BUAH SEMANGKA DAN KECANTIKAN KULIT & WAJAH


Kita semua tentu tidak akan merasa asing lagi dengan buah yang bernama semangka. Bahkan kebanyakan dari kita tentu pernah merasakan buah ini. Semangka (Citrullus lanatus) adalah salah satu jenis tanaman yang tumbuh merambat yang berasal dari daerah Afrika bagian selatan. Rasanya yang manis, menjadikan buah semangka ini biasa disajikan sebagai hidangan pencuci mulut. Buah semangka juga biasa diolah menjadi jus atau aneka minuman menyegarkan lainnya. YDalam tatanan kehidupan tumbuh-tumbuhan, semangka masih satu kerabat dengan buah labu (cucurbitaceae), ketimun (cucumis sativus) serta melon (cucumis melo).

Karakteristik Buah Semangka

•    Semangka memiliki tumbuh merambat namun meskipun merambat, semangka tidak dapat membentuk akar edventif dan semangka tidak pula dapat memanjat.

•    Semangka mampu merambat hingga jangkauan rambatannya mencapai belasan meter.

•    Semangka memiliki daun dimana terdapat lekuk-lekuk di daunnya. Bunganya memiliki warna kuning, berukuran kecil (kira-kira berdiametert 3cm).

•    Semangka memiliki bunga sebanyak dua jenis pada satu tumbuhan, yaitu bunga yang memiliki benang sari (stamen) dan bunga yang memiliki benang sari dan putik (pistillum).

•    Kulit pada buah semangka cukup keras, warnanya hijau pekat, namun ada yang memiliki warna hijau muda dengan diselingi larik-larik yang berwarna hijau tua.

•    Daging buah yang mengandung banyak air memiliki warna merah atau ada juga yang kuning. Serta biji yang terdapat dalam semangka berwarna hitam dan memiliki bentuk pipih seperti kuaci.

•    Semangka memiliki jenis yang tidak berbiji atau tetap memiliki biji namun kecil-kecil.

•    Dari sekian banyak kandungan atau gizi yang terdapat dalam buah semangka. Tentu saja membuah buah semangka tersebut memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia termasuk manfaatnya jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Berikut ini akan disebutkan dan dijelaskan mengenai manfaat semangka untuk ibu hamil dan janin yang sehat :

Selain sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil, buah semangka juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan. Jadi selain sehat, ibu hamil juga dapat terus tampil cantik dengan buah semangka ini.

1.    Buah semangka mampu menjadikan kulit lebih putih, dengan cara menjadikan buah semangka sebagai masker wajah.

2.    Buah semangka mampu menjaga kulit kita agar tetap terlihat awet muda karena semangka dapat mengurangi kerutan-kerutan yang terdapat pada kulit wajah, menghilangkan bekas noda akibat jerawat, dan lain-lain.

3.    Buah semangka mampu melindungu kulit manusia dari terpaan sinar matahari yang notabennya mampu membakar kulit dan membuat kulit lebih gelap.

4.    Buah semangka juga mampu mengurangi minyak yang berlebih pada wajah kita.

5.    Kulit buah semangka biasa digunakan sebagai vitamin rambut agar lebih lebat.



ARTIKEL LAIN...

~babylonish~

Sumber:
http://hamil.co.id/

SHARE

Follow Us On:
x