Our Blog

Umum

Bagaimana cara mencuci pakaian bayi?

LEAVE A COMMENT

Bagaimana cara mencuci pakaian bayi?


Salah satu hal yang paling menyenangkan dalam mempersiapkan kelahiran bayi adalah membeli dan mempersiapkan pakaian bayi. Dalam mencari pakaian bayi tidak hanya kualitas dan bahannya yang perlu diperhatikan namun juga cara mencuci dan merawat pakaian tersebut.

Sebelum digunakan, pakaian bayi, sprei, selimut, dan semua barang yang baru dibeli harus dicuci dahulu. Ini untuk mencegah terjadinya alergi dan iritasi pada kulit bayi. Kadang pada produk yang baru pun masih tersisa debu pabrik dan sisa-sisa zat kimia dari proses produksinya.

Untuk mencuci pakaian bayi, pilih deterjen yang aman untuk kulit bayi. Usahakan pilih deterjen yang memang diperuntukkan untuk pakaian bayi. Umumnya deterjen ini berupa cairan dan tanpa pewangi. Bila anda sulit menemukan deterjen yang khusus diperuntukan untuk bayi, pilihlah yang berupa cairan. Deterjen cair tidak meninggalkan residu bila dibandingkan dengan deterjen bubuk. Selain itu pastikan untuk membilasnya dengan bersih agar tidak ada sisa deterjen yang menempel di pakaian bayi. Selanjutnya rendam dalam cairan pelembut kurang lebih 10 menit. Setelah selesai, keringkan dengan sinar matahari atau mesin pengering dan lanjutkan dengan menyetrikanya.

Pada saat akan mencuci pakaian bayi, pisahkan dulu pakaian yang terkena sisa urin, feses, ataupun muntah bayi. Sebaiknya pakaian yang terkena noda-noda ini dicuci sesegera mungkin. Buang kotoran yang ada terlebih dahulu, kemudian kucek pada air mengalir untuk menghilangkan noda tersebut, dan kemudian rendam dalam deterjen selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu lanjutkan mencuci seperti biasa.

Umumnya pakaian bayi hanya boleh dicuci dengan suhu tidak lebih dari 40oC dan boleh menggunakan mesin cuci. Sebaiknya jangan mencuci pakaian bayi dengan pakaian dewasa secara bersamaan. Pisahkan pakaian dengan warna terang dengan yang berwarna gelap kecuali bila anda telah yakin pakaian tersebut tidak luntur. Jangan lupa melihat label syarat mencuci pada pakaian bayi untuk pakaian-pakaian dengan bahan khusus, misalnya baju hangat atau boleh tidaknya bahan pakaian tersebut disetrika.

Pakaian bayi pun siap digunakan.



ARTIKEL LAIN...

~babylonish~


Sumber:

http://www.anaksehat.org/

SHARE

Follow Us On:
x