Our Blog

Ibu, Kehamilan, Kesehatan, Umum

AIR KETUBAN & FUNGSINYA

LEAVE A COMMENT

AIR KETUBAN & FUNGSINYA

 

Air ketuban adalah air yang keluar dari vagina dan merupakan tanda-tanda akan melahirkanmulai terlihat. Sayangnya saat hamil, banyak cairan yang keluar dari vagina sehingga ibu-ibu hamil akan merasakan bingung terhadap cairan yang keluar. Apakah itu air ketuban atau bukan. Banyaknya cairan yang keluar saat hamil. Banyak ibu hamil yang tidak tahu, apakah yang keluar dari vaginanya itu merupakan cairan ketuban atau bukan.

Jika air ketuban pecah, namun ibu hamil tidak segera memeriksakan diri akibatnya akan fatal. Bayi di dalam kandungan akan kekurangan cairan dan lemas di dalam kandungan. Operasi caesar pun harus dilakukan jika ketuban di dalam kandungan ibu hamil telah habis. Bayi yang lemas di dalam kandungan harus segera dikeluarkan agar tidak meninggal di dalam kandungan.

Fungsi Air Ketuban

Kantung ketuban adalah kantung yang dindingnya tipis dan isinya adalah cairan bersamaan dengan janin. Dalam dinding air ketuban ada dua bagian. Bagian pertama dinding ketuban adalah amnion dan bagian luar disebut dengan chorion. Air ketuban letaknya ada di dalam lapisan dalam. Air ketuban dihasilkan dari selaput yang ada di ketuban dan terbentuk karena adanya sel-sel amnion. Ketuban bagi ibu hamil memiliki fungsi dan peranan yang penting.

Fungsi air ketuban adalah sebagai berikut ini :

  1. Mempertahankan dan memberikan perlindungan terhadap perkembangan janin.
  2. Membuat janin bisa bergerak bebas ke segala arah.
  3. Air ketuban bisa membuat tekanan sehingga menyebabkan trauma.
  4. Menyangga janin di saat suhu panas maupun dingin.
  5. Saat persalinan, air ketuban bisa memberikan kekuatan ibu untuk mengejan sehingga mulut rahim bisa terbuka.
  6. Air ketuban sebagai pembersih jalan lahir pada bayi karena memiliki kemampuan sebagai densifektan dan juga bisa melicinkan jalan lahir.
  7. Air ketuban bisa sebagai pendeteksi jenis kelamin, berapa tingkat kematangan paru-paru pada janin, golongan darah bayi serta adanya kelainan pada bayi. Cara pendeteksiannya adalah dengan mengambil air ketuban melalui alat yang disuntikkan ke dinding perut ibu.
  8. Air ketuban sebagai cadangan cairan dan juga gizi ibu hamil bagi janin yang ada di dalam kandungan.
  9. Mencegah tali pusar dari kekeringan. Tali pusar yang kekeringan akan menyebabkan tali pusar mengerut dan penyaluran oksigen akan terhambat menuju ke janin.
  10. Inkubator bagi janin sehingga suhu tubuh janin di dalam kandungan akan tetap hangat serta tidak kedinginan.
  11. Membantu sistem pencernaan bagi janin di dalam kandungan.
  12. Air ketuban bisa meratakan tekanan saat ibu hamil mengalami kontraksi sebelum persalinan.

ARTIKEL LAIN...

-babylonish-

ttp://hamil.co.id/

SHARE

Follow Us On:
x