Our Blog

Anak, Kesehatan

Sepuluh Mitos dan Fakta Bayi Prematur

LEAVE A COMMENT

Fakta menyatakan bahwa 1 dari 10 bayi lahir prematur di tahun 2010, dan diperkirakan terdapat 15 juta kelahiran prematur ditahun itu. Prematur adalah apabila kelahiran terjadi sebelum 37 minggu kehamilan atau kurang dari 259 hari sejak hari pertama periode terakhir menstruasi wanita, menurut data WHO terdapat lebih dari 1 juta bayi meninggal akibat prematuritas, prematuritas kini menjadi penyebab kematian kedua pada balita dan penyebab paling penting dari kematian usia kritis satu bulan pertama kehidupan bayi. Banyak informasi beredar seputar bayi prematur, namun anda harus lebih cerdas dalam menyaring keabsahannya. Inilah 10 mitos seputar bayi prematur dan faktanya penting untuk diketahui :

Pecah ketuban adalah penyebab tunggal kelahiran prematur. Bayi harus dilahirkan dengan bedah cesar.
Fakta: tidak semua bayi dengan kelahiran prematur dibantu dengan bedah cesar, banyak bayi yang lahir secara spontan. Terdapat berbagai factor yang memicu persalinan lebih awal misalnya preeklampsia, ekslampsia, plasenta previa, infeksi saluran kemih, dan juga pecah ketuban dini. Tidak hanya itu, segi non medis seperti factor psikologis ibu juga dapat mempengaruhi.

Bayi prematur akan tinggal lebih lama di inkubator daripada bayi cukup bulan.
Fakta: keadaan ini memang sering terjadi pada bayi prematur, terutama pada bayi dengan kondisi kurang stabil saat lahir. Contohnya adalah rendahnya suhu tubuh saat lahir dan kesulitan bernapas, tetapi hal ini tidak berlangsung lama jika bayi sudah diatasi dan stabil. Bukti-bukti menunjukan bahwa metabolism bayi prematur jauh lebih baik ketika menempel atau kontak kulit dengan sang ibu. Manfaat lainnya adalah napas bayi lebih stabil lebih rileks dan tenang, tekanan darahnya normal, kadar gula darah membaik dan suhu kulit merekapun menjadi lebih baik. Perawatan metoda kangguru (PMK) dapat menjadi cara mudah dan efektif dalam melakukan skin to skin contact, cara ini memungkinkan bayi berkontak langsung dengan ibu dan kemudian dapat lepas dari incubator.

Bayi prematur membutuhkan susu formula khusus untuk mencukupi kebutuhan dan pertumbuhannya.
Fakta: Mitos ini tidak sepenuhnya benar. ASI tetap menjadi makanan utama bagi bayi prematur. ASI diberikan baik disusui secara langsung oleh ibu, ASI perah ataupun ASI donor tetap menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan pertumbuhan bayi. Penelitian yang diadakan oleh American academy of pediatrics membuktikan selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, ASI juga lebih mudah diserap oleh jonjot usus. ASI baik untuk mencegah infeksi berat atau sepsis, penyakit infeksi usus, dan prematuritas pada retina mata bayi. Manfaat lainnya ialah meningkatkan intelijensi mental, motorik, perilaku bayi dan pada bayi prematur dapat meningkatkan toleransi makan secara klinis.

Setelah bayi prematur lahir sebaiknya langsung dikeringkan dan dibungkus agar bayi tidak kedinginan atau hipotermia.
Fakta: benar! hal ini disebabkan fungsi organnya belum sempurna sehingga bayi prematur belum dapat menyesuaikan suhu tubuhnya dengan suhu ruangan dengan baik. Suhu ruangan kurang dari 30 derajat C tidak bisa ditoleransi bayi prematur. Cara penanggulangan yang aman dan murah adalah dengan perawatan metoda kangguru

Bayi prematur tidak bisa menyusu dan mengisap sebaik bayi cukup bulan.
Fakta: mitos ini salah, pada bayi prematur dengan usia masa kehamilan 30 minggu masih dapat menyusu dan mengisap dengan baik. Bayi prematur mempunyai kordinasi menelan, mengisap dan menyusu. Bayi mengisap 3-5 kali setelah fase istirahat atau bayi menempel di putting tetapi tidak mengisap. Tidak ada waktu pasti berapa lama periode tsb, tergantung individual bayi. Hal ini menunjukan tidak semua bayi prematur mengalami kesulitan menyusu.

Bayi prematur perlu minum dari botol susu supaya belajar mengisap.
Fakta, cara ini tidak disarankan karena dapat memberikan resiko bayi bingung putting. Bila ibu dalam kondisi tidak bisa menyusui secara langsung, anda dapat memberikan minum melalui tube feeding atau selang dari mulut atau hidung yang langsung masuk kedalam lambung dengan kondisi mulut bayi menempel di payudara ibu. Pilihan lain adalah memberikan ASI perah dengan cangkir atau pipet. Untuk menghindari bingung putting anda dapat menggunakan nipple shield atau pelapis putting sehingga bayi tetap menghisap payudara ibu.

Semua bayi prematur harus dirawat di ruang perawatan khusus.
Fakta, bayi prematur dengan kategori moderate preterm tanpa ada komplikasi dapat dirawat di kamar bayi atau rawat gabung denga ibu. Bayi prematur yang lahir dari usia kehamilan 32 minggu dengan factor resiko yang lebih tinggi umumnya dirawat di ruang perawatan khusus. Begitupun dengan bayi prematur yang lahir dari usia kehamilan 28 minggu, sebagian besar dirawat diruang perawatan khusus.

Bayi prematur membutuhkan asupan suplemen vitamin A oral tiap harinya.
Fakta diatas ternyata tidak sepenuhnya benar. Menurut data WHO, bayi berat lahir rendah yang diberikan ASI sudah tidak disarankan lagi untuk diberikan vitamin A karena tidak cukup bukti yang mendukung rekomendasi tsb.

Terdapat perbedaan antara keingin menyusu pada bayi prematur dan bayi cukup bulan. Bayi prematur menunjukan isyarat menyusu yang kurang jelas.
Fakta bayi prematur memiliki kemampuan menyusu secepat-cepatnya pada usia kelahiran 28-30 minggu. Adapun isyarat menyusu yang kurang jelas adalah mata terbuka, menjilati bibir, punggung sedikit melengkung ke belakang, rooting, tangan masuk ke mulut. Namun isyarat tersebut juga dapat terjadi pada bayi cukup bulan. Yang perlu diperhatikan ialah bayi prematur cenderung sedikit cepat lelah saat menyusu dibandingkan bayi cukup bulan, ibu harus lebih sabar dengan memberikan ASI sedikit tapi sering.

Bayi prematur dapat mengalami gangguan tumbuh kembang dan keterlambatan belajar.
Fakta, tidak semua bayi prematur memiliki gangguan seperti diatas. Memang bayi prematur memiliki resiko lebih tinggi untuk gagal tumbuh dan terganggu fungsi kognitif nya. Tetapi dengan penangan yang baik pada saat baru lahir, selama perawatan, dan setelah perawatan dirumah sakit secara kesinambungan, mendapat asupan yang baik, lingkungan keluarga yang mendukung, hal tersebut dapat dicegah. Menurut American Academic of Pediatric tahun 1996, tumbuh kembang bayi prematur atau resiko tinggi secara longitudinal harus dipantau hingga ia berumur 7-10 tahun.


~ babylonish ~
Sumber: http://www.dapurgaya.com/blog/sepuluh-mitos-dan-fakta-bayi-prematur-bag-i/

SHARE

Follow Us On:
x